Kisah Ahok kecil di Gantong dalam A Man Called Ahok

Jumat, 07 September 2018 | 07:00 WIB Sumber: Kompas.com
Kisah Ahok kecil di Gantong dalam A Man Called Ahok


FILM - JAKARTA. Penulis novel 'A Man Called Ahok', Rudi Valinka mengatakan bahwa film yang diadaptasi dari novelnya dengan judul yang sama itu mengisahkan tentang hubungan Ahok dengan ayahnya, Kim Nam.

Hal itu dikatakan Rudi saat jumpa pers peluncuran teaser film 'A Man Called Ahok' yang digelar di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

"Film ini value-nya positif, pengin ke parenting hubungan anak ke orangtua. Saya percaya karakter orang terbentuk ada faktor keluarga dan lingkungan," kata Rudi.

Rudi menemukan banyak cerita tentang kisah dibalik karakter Ahok, yang terbentuk dari ruang lingkup keluarganya.

"Saya ke Belitung hanya melihat sisi pemerintahan dia. Ternyata di belakang itu cerita pembentukan karakter Ahok," lanjutnya.

Pemeran Ahok, Daniel Mananta menambahkan, film arahan sutradara Putrama Tuta itu banyak mengandung nilai-nilai yang ditanamkan seorang ayah kepada anaknya.

"Dari film ini bisa dilihat seorang ayah mengajarkan value kedisiplinan, kejujuran, dan lain-lain. Pesan ini yang disampaikan di film ini," ucap Daniel.

Meski mengisahkan kehidupan Ahok kecil di Gantong, kepulauan Belitung Timur pada 1976 hingga menjabat sebagai Bupati Belitung Timur pada 2005, Tuta menegaskan bahwa fokus film tersebut ada pada hubungan ayah dan anak.

"Alhamdulilah dari awal hanya angkat cerita ayah dan anak. Jadi enggak ada fokus cerita tentang yang lain," ujar Tuta.

"Saya tidak mengangkat sisi politiknya. Saya tidak mengangkat apa yang terjadi di Jakarta, saya angkat kenapa dia bisa menjadi orang seperti yang sekarang. Buat saya itu sangat menarik, karena saya sangat suka hubungan orangtua dengan anak. Saya angkat yang paling penting untuk the future generation," jelasnya. (Ira Gita Natalia Sembiring)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "A Man Called Ahok, Cerita tentang Hubungan Ayah dengan Anak"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru