Koleksi foto human interest jadi sarana kontemplasi Andi Nirwoto

Sabtu, 16 Februari 2019 | 09:00 WIB   Reporter: Nina Dwiantika
Koleksi foto human interest jadi sarana kontemplasi Andi Nirwoto


TOKOH - Mengoleksi foto bertema human interest jadi hobi Andi Nirwoto. Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank Tabungan Negara (BTN) ini mendapatkan foto itu dari hasil jepretan sendiri dan rekan kerja.

Koleksi terbaru yang belum lama ini dia peroleh adalah, foto yang bercerita tentang keseharian manusia dengan keahlian dan keadaan yang mereka miliki dekat dengan alam. Ia dapat foto-foto itu dari rekannya, yang bekerja di kantor cabang BTN di Malang.

Tentu, koleksinya sangat banyak. Sebab, pria 48 tahun ini mulai mengumpulkan foto human interest sejak masih duduk di bangku kuliah.

Beberapa foto dia pajang di dinding rumah dan ruang kerjanya. Sisanya berupa dokumen digital.

Andi gemar mengoleksi foto human interest lantaran memiliki cerita dan karakter dari setiap sudut pandang fotografi. “Foto ini bisa menjadi kontemplasi buat saya,” kata lulusan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, ini.

Salah satu foto tersebut, adalah perempuan sedang membuat gula aren di dapur berinterior klasik. Lalu, ada petani mengajak kerbau ke pantai saat matahari terbenam.

Andi sendiri sering memanfaatkan waktu luangnya untuk hunting foto guna menambah koleksi gambaran human interest-nya. Misalnya, saat liburan bersama keluarga atau dinas ke luar kota.

Di sela-sela kegiatan itu, dia akan mengabadikan sisi-sisi menarik dalam kehidupan manusia ke dalam sebuah foto.

Nah, dalam waktu dekat, Andi bakal berburu foto dengan mengambil tema budaya. Rencananya, Andi menelusuri daerah-daerah di Yogyakarta dan Bali.

“Saya sangat senang melakukan kegiatan fotografis itu,” ujar mantan General Manager Operasional Teknologi Informasi Bank Negara Indonesia (BNI) ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru