Konsumsi secara rutin, 4 manfaat jeruk nipis ini bisa Anda dapat

Sabtu, 17 April 2021 | 08:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Konsumsi secara rutin, 4 manfaat jeruk nipis ini bisa Anda dapat


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak manfaat jeruk nipis yang bisa Anda dapatkan. Bukan tanpa alasan, manfaat yang dimiliki jenis jeruk itu berasal dari berbagai macam nutrisi di dalamnya.

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi jeruk nipis adalah sistem imun tubuh terjaga. Mengutip dari Taste of Home (tasteofhome.com), terdapat 19.5 mg vitamin C dalam jeruk nipis yang mana memenuhi 20%-25% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Jeruk nipis dipenuhi pula dengan nutrisi yang lain. Mulai dari vitamin A, vitamin K, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya. Nutrisi itulah yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mendatangkan banyak manfaat yang lain.

Mengatasi Anemia

Selain menjaga sistem imun tubuh, jeruk nipis cocok dikonsumsi bagi Anda yang menderita anemia, lo. Vitamin C dalam jeruk nipis mampu meningkatkan penyerapan tubuh akan zat besi. Artinya, penyebab anemia itu bisa teratasi dengan baik.

Saat tubuh tak lagi kekurangan zat besi, produksi hemoglobin akan meningkat. Dengan begitu, seluruh bagian tubuh tak lagi kekurangan oksigen. Tanda-tanda anemia, seperti pusing atau badan terasa lemah, jadi berkurang.

Baca Juga: Efektif, ini 4 cara alami menghilangkan flek hitam

Mengobati Jerawat

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat jeruk nipis adalah mengobati jerawat? Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Oleskan air perasan jeruk nipis pada jerawat dengan menggunakan kapas. Diamkan dulu selama lima hingga 10 menit lalu bilas dengan air. Usahakan untuk menggunakannya secara rutin supaya jerawat bisa hilang dengan cepat.

Mengurangi Tanda Penuaan

Taste of Home mengatakan bahwa jeruk nipis berguna mengurangi tanda penuaan, seperti kerutan halus. Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga elastisitas kulit terjaga dan kerutan halus berkurang.

Baca Juga: 5 Manfaat infused water jeruk nipis: menurunkan berat badan sampai kolesterol

Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh.

Manfaat jeruk nipis berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis jeruk ini mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Jenis serat yang terdapat dalam jeruk nipis mampu memperlambat pencernaan. Artinya, tubuh memiliki lebih banyak waktu menyerap karbohidrat sehingga lonjakan gula darah pun dapat berkurang.

Selanjutnya: Kaya vitamin dan serat, ini manfaat jambu biji untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru