Edukasi

Kualitas Layanan dan Pengalaman Positif Jadi Kunci Utama Memperkuat Merek

Rabu, 13 November 2024 | 11:06 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Kualitas Layanan dan Pengalaman Positif Jadi Kunci Utama Memperkuat Merek

ILUSTRASI. Asuransi BRI Life meraih penghargaan dTop Consumer Loyalty Program Award 2024


MEREK - JAKARTA. Kualitas layanan adalah salah satu aspek paling krusial dalam membangun dan mempertahankan merek yang kuat. Ketika perusahaan memberikan layanan yang konsisten, responsif, dan memuaskan, pelanggan akan merasa dihargai dan diperhatikan. 

Kualitas layanan tersebut berdampak besar pada kesetiaan pelanggan serta membentuk citra positif di mata publik.

Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia sekaligus Chairman Indonesia Brand Community mengatakan, para pemilik atau pengelola brand dituntut untuk membuat produk atau layanan yang mampu menarik perhatian konsumen  di era persaingan yang semakin ketat.

“Persaingan bisnis yang ada saat ini memang dianggap sebagai hal yang lumrah, dalam konteks ini, perbedaan dan keunikan produk menjadi kunci penting agar bisa menonjol dibandingkan dengan para kompetitor,” kata Tri Raharjo dalam keterangannya, Rabu (13/11).

Baca Juga: Rekomendasi Parfum Beraroma Segar yang Tahan Seharian

Tri Raharjo menekankan, bahwa kualitas layanan menjadi faktor penting dalam membangun loyalitas pelanggan. Ketika konsumen merasa puas dan merasakan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan, mereka cenderung kembali dan menggunakan produk atau layanan tersebut lagi.

Hal itu, kata dia, menunjukkan bahwa kualitas produk dan kepuasan pelanggan menjadi hal esensial dalam menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Menurutnya, perusahaan yang mampu memberikan pengalaman unik dan positif kepada konsumen akan memiliki daya saing lebih tinggi di pasar. Konsumen yang memiliki pengalaman positif tidak hanya akan kembali, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi pelanggan yang loyal.

“Di sisi lain, mereka mungkin juga akan merekomendasikan produk atau layanan tersebut kepada orang lain, yang dapat meningkatkan popularitas brand,” terangnya.

Tri bilang, kesan positif dan pengalaman pelanggan adalah faktor penting yang membedakan produk satu dengan yang lain dalam persaingan bisnis. Jika sebuah perusahaan mampu menghadirkan nilai tambah, kualitas, serta pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen, maka produk tersebut akan memiliki tempat di hati dan pikiran konsumen.

IBC bekerja sama dengan Infobrand.id menggelar kegiatan Indonesia Brand Community Class (IBC Class) edisi pertama untuk mendorong percepatan pertumbuhan dan perkembangan Brand-brand asli Indonesia.

Baca Juga: Cantik Bisnis Produk Kecantikan Dicoreng Kosmetik Ilegal

IBC Class merupakan webinar nasional yang merupakan rangkaian dari Program Pengembangan Brand Indonesia (PPBI) yang dirancang untuk membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan update knowledge dari para expert dan praktisi bisnis dengan mengangkat berbagai tema webinar tentang branding, marketing and selling.

Program IBC Class ini akan selenggarakan setiap bulan selama satu tahun dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk bergabung dalam grup WhatsApp sebagai sarana networking dan sinergi antar-brand.

“IBC Class edisi kedua  akan diselenggarakan pada 21 November 2024 bertema menciptakan tim penjualan yang militan. Edisi pertama telah digelar pada Oktober.” Pungkas Tri.

Selanjutnya: Promo Watsons November 2024, Cashback 20% via GoPay Aneka Produk Kecantikan

Menarik Dibaca: Promo Watsons November 2024, Cashback 20% via GoPay Aneka Produk Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk
Terbaru