Kunjungi pusat oleh-oleh khas Betawi di Monas yuk!

Kamis, 23 Maret 2017 | 14:39 WIB Sumber: Kompas.com
Kunjungi pusat oleh-oleh khas Betawi di Monas yuk!


JAKARTA. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meresmikan outlet suvenir Betawi bernama "Betawi Store" di Lenggang Jakarta, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (23/3/2017).

Outlet ini menyediakan berbagai "buah tangan" dari kebudayaan Betawi, seperti bir peletok, minatur ondel-ondel, hingga ornamen gigi balang yang biasa dipasang di rumah khas Betawi. Sumarsono menyampaikan, pembukaan outlet ini merupakan bagian dari rencana Pemprov DKI Jakarta untuk melestarikan kebudayaan Betawi di Jakarta.

Ia menyampaikan, belum ada tempat khusus yang benar-benar menjual barang-barang dengan ciri khas Betawi di Monas. Outlet ini bekerja sama dengan Badan Musyawarah Betawi dalam pengelolaannya.

"Banyak orang ke Jakarta mau cari oleh-oleh kultur setempat kok enggak ada, susah. Akhirnya mereka hanya cari tugu Monas. Semoga ini melengkapi kebutuhan masyarakat pendatang akan suvenir Betawi," ujar Sumarsono.

Selain membuka outlet Betawi di Monas, rencananya secara bertahap Pemprov DKI akan membuka outlet tersebut di sejumlah wilayah di Jakarta.

Secara terpisah, Ketua Bamus Betawi Zainuddin menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov DKI yang turut membantu melestarikan kebudayaan Betawi. Adanya outlet ini, lanjut Zainuddin, selain untuk memperkenalkan kebudayaan Betawi, juga membantu para pegiat usaha barang-barang kebudayaan Betawi.

"Atas nama kaum Betawi kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya selama ini dan mari kita bangun Jakarta dengan rasa Betawi," ujar Zainuddin.

(David Oliver Purba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru