Sport

Laga Spanyol dan Jerman untuk Supremasi Euro

Kamis, 04 Juli 2024 | 23:37 WIB Sumber: Reuters
Laga Spanyol dan Jerman untuk Supremasi Euro

ILUSTRASI. Soccer Football - Euro 2024 - Round of 16 - Germany v Denmark - Dortmund BVB Stadion, Dortmund, Germany - June 29, 2024 Germany's Manuel Neuer celebrates after Jamal Musiala scores their second goal REUTERS/Kai Pfaffenbach


EURO 2024 - STUTTGART, Jerman. Spanyol dan Jerman, dua negara paling paling impresif di Euro 2024 akan berhadapan langsung di perempat final pada hari Jumat (5/7).

Meskipun keduanya telah memenangkan tiga gelar Euro, lebih banyak daripada negara lain dan telah memainkan lebih banyak pertandingan di Piala Eropa daripada tim lainnya, ini akan menjadi pertemuan keempat mereka di putaran final.

Pertemuan pertama terjadi di Prancis pada tahun 1984, saat Jerman Barat adalah juara bertahan dan tergabung dalam grup dengan Spanyol, Portugal, dan Rumania.

Baca Juga: Bangku Kosong di Copa America Jadi Sorotan, Picu Kekhawatiran Bagi AS

Mereka bertemu di pertandingan terakhir, dengan Jerman berada di puncak dengan tiga poin (dua poin diberikan untuk kemenangan). Sementara Spanyol dan Portugal masing-masing memiliki dua poin.

Spanyol menyia-nyiakan kesempatan besar di babak pertama ketika penalti buruk Lobo Carrasco dengan mudah diselamatkan oleh Harald Schumacher, tetapi dengan waktu yang semakin menipis, sundulan Antonio Maceda pada menit ke-90 membawa Spanyol lolos dan mengirim Jerman pulang.

Jerman Barat membalas dendam empat tahun kemudian di tanah air mereka, ketika kedua tim tergabung dalam grup dengan Italia dan Denmark dan sekali lagi bertemu di pertandingan terakhir dengan Jerman di puncak klasemen.

Baca Juga: Prediksi Spanyol vs Jerman di Perempatan Euro 2024, Catat!

Spanyol membutuhkan kemenangan untuk maju, tetapi di Munich mereka tidak mampu mengimbangi tuan rumah dan tim asuhan Franz Beckenbauer meraih kemenangan nyaman 2-0 berkat dua gol dari Rudi Voeller.

Namun, Jerman gagal memenangkan gelar tersebut, kalah dari Belanda di semifinal. Spanyol dan Jerman tidak bertemu lagi di turnamen tersebut hingga Euro 2008 di Austria dan Swiss.

Spanyol telah memenangkan satu gelar, saat mereka menjadi tuan rumah putaran final pada tahun 1964. Sementara Jerman memiliki tiga gelar dan mereka bertemu di final untuk pertama kalinya.

Fernando Torres mencetak satu-satunya gol saat Spanyol meraih gelar kedua mereka, kemenangan turnamen besar pertama mereka dalam lebih dari 40 tahun, memulai periode dominasi Spanyol dalam sepak bola.

Baca Juga: Preview Euro 2024: Melawan Swiss, Southgate Pertimbangkan Rombak Formasi Tim Inggris

Mereka menjadi tim pertama yang mempertahankan Piala Eropa empat tahun kemudian dan memenangkan trofi Piala Dunia pertama mereka pada tahun 2010, mengalahkan Jerman di semifinal sepanjang perjalanan.

Pertandingan hari Jumat (4/7) ini memiliki nuansa final awal dengan Spanyol mungkin menjadi tim paling menarik dalam turnamen ini, dan satu-satunya yang memenangkan semua empat pertandingan.

Sementara tuan rumah Jerman telah tampil lebih impresif dibandingkan dengan favorit pra-turnamen lainnya.

Pemenang pertandingan ini akan berada di jalur yang baik untuk meraih mahkota keempat mereka sekaligus untuk memecahkan rekor.

Selanjutnya: Indonesia Merger and Acquisition Trend Declines Over the Last Three Years

Menarik Dibaca: Poco Luncurkan Tablet Pertamanya, Poco Pad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru