Lagu Terakhir The Beatles "Now and Then" dengan Vocal John Lennon Dirilis

Kamis, 02 November 2023 | 23:26 WIB Sumber: Reuters
Lagu Terakhir The Beatles


MUSIK - Universal Music mengumumkan, lagu terakhir The Beatles yang menampilkan suara mendiang John Lennon dan dikembangkan dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) akan dirilis pada hari Kamis (2/11), bersamaan dengan lagu pertama band tersebut.

“Lagu berjudul "Now and Then", yang disebut-sebut sebagai lagu terakhir The Beatles, akan dirilis dalam bentuk double A-side single yang menyandingkan lagu tersebut dengan single debut band tersebut di Inggris pada tahun 1962, "Love Me Do",” kata Universal Music Group dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Film dokumenter "The Beatles: Get Back" akan dirilis di Disney+

Saluran YouTube The Beatles pada hari Rabu (1/11) menayangkan film pendek "Now And Then - The Last Beatles Song" menjelang perilisan lagu tersebut.

Disutradarai oleh Oliver Murray, klip berdurasi 12 menit ini menampilkan cuplikan eksklusif dan komentar dari anggota band, putra Lennon, Sean Ono Lennon, dan sineas Peter Jackson, yang menyutradarai serial dokumenter "The Beatles: Get Back".

Dalam klip tersebut, Jackson menjelaskan bagaimana timnya berhasil mengisolasi instrumen dan vokal dari rekaman menggunakan AI, termasuk rekaman asli "Now and Then" yang direkam Lennon sebagai demo rumahan di akhir tahun 1970-an.

Lagu ini juga menampilkan bagian-bagian yang direkam oleh anggota yang masih hidup, Paul McCartney dan Ringo Starr, serta almarhum George Harrison.

Baca Juga: BTS Gandeng Universal Music Sebagai Mitra Distribusi dan Pemasaran Baru

"Hal tersebut pada akhirnya mendorong kami untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan kami untuk mengambil soundtrack apa pun dan membagi semua komponen yang berbeda menjadi beberapa trek terpisah berdasarkan pembelajaran mesin," kata Jackson dalam video tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru