Lampaui Messi dan Ronaldo, Robert Lewandowski ikuti jejak Luka Modric

Jumat, 18 Desember 2020 | 10:31 WIB Sumber: Sportskeeda
Lampaui Messi dan Ronaldo, Robert Lewandowski ikuti jejak Luka Modric

ILUSTRASI. Lampaui Messi dan Ronaldo, Robert Lewandowski ikuti jejak Luka Modric. REUTERS/Toby Melville TPX IMAGES OF THE DAY


KONTAN.CO.ID - ZURICH. Striker Bayern Munich, asal Polandia Robert Lewandowski dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA 2020 kategori Pria, mengalahkan pemain bintang lain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Di musim 2019/20, Robert Lewandowski tercatat menyarangkan 55 gol di semua kompetisi untuk Bayern Munich hingga meraih misi treble winner. Lewandowski mencetak gol di setiap babak Liga Champions musim lalu, kecuali di laga final.

Ketika Niko Kovac dipecat November lalu, Bayern Munich berada di urutan keempat di Bundesliga. Tetapi Bavarian diubah di bawah Flick, dengan Lewandowski menjadi ujung tombak. Pantas jika pemain yang akrab dipanggil Lewy dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA tahun ini.

Mengutip dari Sportskeeda.com, Bayern Munich mendominasi penghargaan ini yang dilanjutkan oleh sang kiper Manuel Neuer. Neuer menjadi penerima kedua setelah pemain Liverpool, Alisson Becker di tahun 2019.

Baca Juga: Ini dia 5 pencetak hattrick terbanyak sepanjang sejarah sepak bola

Robert Lewandowski, Pemain Terbaik FIFA 2020

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2020 kategori sepak bola Pria. Pelatih asal Jerman itu memimpin Liverpool meraih gelar liga pertama mereka di Inggris sejak 1990. The Reds melakukannya dengan rekor setelah finis 18 poin di atas Manchester City, yang merupakan pesaing terdekat musim lalu.

Robert Lewandowski ikuti Luka Modric

Striker Polandia itu menjadi pemain kedua selain Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang menerima penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2020. Setelah, penghargaan di tahun 2018 sempat berganti pemilik yakni Luka Modric.

Sejak 2007, hanya nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang muncul sepanjang gelaran Pemain Terbaik FIFA.

Striker Polandia tersebut sudah mencetak 18 gol di semua kompetisi musim ini, hanya dalam 17 penampilan. Itu artinya, Lewandowski telah melampaui separuh gol di musim lalu (34 gol).

Robert Lewandowski mengalahkan pesaing berat seperti Lionel Messi. Messi mencetak rekor assist terbanyak dalam satu musim La Liga, namun akhirnya Barcelona puas finis di posisi kedua La Liga.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo masuk nominasi Globe Soccer Player of the Century

Cristiano Ronaldo, di sisi lain bagian penting dari skuad Juventus. Namun, jumlah gol Ronaldo dikalahkan oleh pemain Lazio, Ciro Immobile.

Baik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, bagaimanapun tetap masuk ke dalam skuad terbaik tahun ini (FIFA FIFPro Men's World XI).

Sedangkan di sepak bola wanita, Lucy Bronze dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA Tahun 2020 kategori Wanita. Bek kanan berkebangsaan Inggris ini mengalahkan striker Denmark Pernille Harder dan bek Prancis Wendie Renard.

Selain itu, pemenang Puskas Award dari FIFA tahun 2020 disabet oleh Son Heung-min yang menyarangkan gol spektakuler melawan Burnley.

Baca Juga: Ini dia 5 pencetak hattrick terbanyak sepanjang sejarah sepak bola

Berikut daftar lengkap pemenang penghargaan FIFA 2020:

Pemain Terbaik FIFA 2020 (Pria): Robert Lewandowski

Pemain Terbaik FIFA 2020 (Wanita): Lucy Bronze

Kiper Terbaik FIFA 2020 (Pria): Manuel Neuer

Kiper Terbaik FIFA 2020 (Wanita): Sarah Bouhaddi

FIFA Puskas Award 2020: Son Heung-Min

Pelatih Terbaik FIFA 2020 (Pria): Jurgen Klopp

Pelatih Terbaik FIFA 2020 (Wanita): Sarina Wiegman

Fair Play FIFA Award 2020: Mattia Agnese

FIFA FIFPro Men's World XI: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Sergio Ramos, Virgil van Dijk, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Kevin De Bruyne, Thiago Alcantara; Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski

FIFA FIFPro Wanita Dunia XI: Christiane Endler; Lucy Bronze, Wendie Renard, Millie Bright; Tobin Heath, Veronica Boquete, Barbara Bonansea, Megan Rapinoe; Delphine Cascarino, Vivianne Miedema, Pernille Harder

Selanjutnya: City mendominasi, ini 5 pemain muda yang tampil apik di Liga Inggris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru