Latihan Soal UTBK-SNBT 2024 Gratis Biar Siap Hadapi Tes, Ini Link dan Cara Ikutnya

Jumat, 12 April 2024 | 09:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Latihan Soal UTBK-SNBT 2024 Gratis Biar Siap Hadapi Tes, Ini Link dan Cara Ikutnya

ILUSTRASI. Latihan Soal UTBK-SNBT 2024 Gratis Biar Siap Hadapi Tes, Ini Link dan Cara Ikutnya.


PERGURUAN TINGGI -  Siswa bisa mempersiapkan diri menghadapi  Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 dengan mengerjakan soal-soal dan mengikuti simulasi tes.

Selain mengikuti bimbingan belajar berbayar, siswa juga bisa memanfaatkan latihan UTBK yang diselenggarakan secara gratis.  

Panitia SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek menyediakan link serta simulasi tes UTBK-SNBT untuk siswa.

Bersumber dari situs Universitas Pendidikan Ganesha, link simulasi secara gratis tersebut bisa diakses melalui smartphone, PC, atau laptop. 

Baca Juga: Daftar KIP Kuliah UTBK-SNBT 2024 Terakhir Hari Ini (5/4), Ini Dokumen Persyaratannya

Link dan cara mengikuti simulasi UTBK-SNBT 2024

Materi tes jalur UTBK-SNBT 2024 akan terdiri dari dua komponen besar yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Soal yang tersedia terdiri dari Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Kuantitatif, Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Secara umum terdapat model soal yang ditampilkan dalam simulasi SNBT 2024, yaitu:

  • Soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban (A, B, C, D, E)
  • Soal pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban

Siswa yang ingin mengikuti simulasi UTBK-SNBT 2024, Anda bisa mengakses link https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id. Cara untuk mengikuti simulasi tes SNBT diantaranya: 

  • Buka https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id
  • Mengisi data diriyakni nama lengkap dan asal sekolah atau instansi terlebih dahulu
  • Pilih Sub Tes Tersedia beberapa sub tes yang perlu dikerjakan. Ada mata ujian Literasi Dalam Bahasa Indonesia, Literasi Dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan
  • Perhatikan Waktu Ujian Saat tes berlangsung, maka akan muncul waktu yang berjalan saat tes. Sehingga kamu benar-benar bisa merasakan UTBK sesungguhnya.

Pembahasan Hasil Tes Setelah simulasi selesai, maka akan muncul kunci jawaban beserta pembahasannya.

Jadi Anda bisa dapat mengevaluasi serta memberikan pembahasan dari soal yang dikerjakan. Selain itu Anda bisa mengetahui skor yang didapat seginga bisa mengira-ngira bagaimana peluang lolos di UTBK SNBT 2024.

Baca Juga: 20 Kampus dengan Pendaftaran SNBP 2024 Terbanyak, UPI Paling Banyak Peminatnya

Manfaat mengikuti simulasi UTBK-SNBT

Simulasi tes UTBK-SNBT tentu memiliki manfaat untuk calon peserta jalur ini. Beberapa manfaat yang bisa didapat ketika mengikuti simulasi tes UTBK-SNBT 2024: 

  • Familiarisasi dengan format ujian: Simulasi tes membantu calon mahasiswa untuk menjadi akrab dengan format, jenis pertanyaan, dan tata cara pelaksanaan UTBK-SNBT. Hal ini dapat mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan efisiensi menjawab pertanyaan saat ujian sesungguhnya.
  • Mengukur kemampuan: Melalui simulasi, calon mahasiswa dapat mengukur sejauh mana kemampuan mereka dalam menjawab setiap bagian ujian. Hasil simulasi dapat menjadi indikator sejauh mana persiapan mereka dan area mana yang perlu lebih diperhatikan.
  • Meningkatkan waktu manajemen: UTBK-SNBT menuntut kemampuan manajemen waktu yang baik. Simulasi membantu calon mahasiswa untuk mengasah kemampuan ini sehingga mereka dapat menyelesaikan setiap bagian ujian dengan tepat waktu.
  • Identifikasi kelemahan dan kekuatan: Simulasi memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan mereka. Dengan mengetahui kelemahan, mereka dapat fokus pada pembenahan, sementara kekuatan dapat lebih diperkuat.

Demikian informasi tentang link dan cara mengikuti simulasi tes UTBK-SNBT 2024. Jangan lupa persiapkan segala dokumen yang wajib dibawa saat tes dan jaga kondisi tubuh agar Anda bisa mengikuti tes dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru