Laut Wakatobi dan Belitong menunggu para pelayar

Rabu, 25 Mei 2011 | 14:28 WIB   Reporter: Asnil Bambani Amri
Laut Wakatobi dan Belitong menunggu para pelayar

ILUSTRASI. Simak katalog promo JSM Hypermart 14 ? 17 Agustus 2020 yang masih berlaku. Aktivitas di gerai ritel modern Hypermart, Jakarta, Senin (01/06). KONTAN/Fransiskus Simbolon


JAKARTA. Bagi para petualang laut yang gemar berlayar dengan perahu layar (yacth), kini saatnya bagi Anda untuk mempersiapkan diri. Sebab, tanggal 7 Juni nanti, pemerintah akan melaunching Sail Wakatobi Belitong (SWB).

Sail merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pemerintah Indonesia untuk para petualang samudera termasuk juga para penggemar wisata bahari. Sama dengan Sail Banda tahun lalu, sebagian peserta sail akan memulai mengarungi lautan dari Darwin, Australia.

Para pelayar dari Darwin itu akan mengarungi Samudera Arafura menuju Indonesia sampai ke pulau Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Selanjutnya, peserta SWB bisa sejenak berleha-leha sambil menyelam menikmati alam Wakatobi yang dikenal sebagai surga bawah laut dunia.

Bagi peserta Sail yang gemar memancing, perairan Wakatobi merupakan lokasi yang tepat juga. Sebab, karang-karang yang ada di Wakatobi menjadi arena bermainnya aneka jenis ikan. Lempar kail, setelah itu Anda mesti siap-siap untuk mengangkatnya.

Usai menikmati alam Wakatobi, peserta bisa mengikuti aneka acara lain yang diselenggarakan panitia SWB. Salah satu acara yang unik adalah, permainan catur dibawah laut. Anda bisa bayangkan, bagaimana adrenalin peserta catur memutar otak dibawah air. Tak hanya itu, SWB juga menyuguhkan berbagai acar seperti kejuaraan selam, layar termasuk festival olahraga tradisional Wakatobi.

"Saat ini sebanyak 87 peserta telah mendaftarkan diri dan mulai berlayar bulan Juli dari Darwin", kata Syahrin selaku ketua pelaksana SWB yang juga Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kemetrian Kelautan dan Perikanan, saat memaparkan persiapan SWB 2011 di Jakarta, kemarin (25/5). Syahrin menargetkan, peserta reli bisa mencapai 200 yacth.

Syahrin bilang,sebagian peserta yang sudah mendaftar adalah para pelayar berkebangsaan negara asing. Biasanya, para pelayar di dalam negeri banyak yang mendaftar menjelang hari pelaksanaan. Usai menyaksikan rentetan acara di Wakatobi, peserta Sail selanjutnya akan mengikuti acara puncak berupa yacht rally and yacht race. Peserta akan berlayar secara marathon dari Wakatobi mengarugi Selat Karimata menuju pulau Belitong, di Propinsi Bangka Belitung, sebuah pulau yang akrab disebut pulau Laskar Pelangi.

Di Belitong, para pelayar akan menikmati pemadangan pantai yang yang penuh dengan bebatuan raksasa yang tersusun rapi. Bahkan, beberapa bebatuan tersebut menyerupai binatang seperti kepala burung. Berminat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri

Terbaru