Layanan penyimpanan gratis Google Photos segera dibatasi 15GB mulai tahun 2021

Jumat, 13 November 2020 | 08:45 WIB Sumber: 9To5Google
Layanan penyimpanan gratis Google Photos segera dibatasi 15GB mulai tahun 2021

ILUSTRASI. Layanan penyimpanan gratis Google Photos segera dibatasi 15GB mulai tahun 2021


GOOGLE - Google segera mengakhiri masa gratisan pengguna Google Photos per tahun 2021 mendatang. Dengan demikian layanan penyimpanan foto dan video di Google Photos ini akan dibatasi maksimal 15GB.

Sebagai informasi, Google Photos merupakan aplikasi layanan dari Google yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan atau mencadangkan foto dan video.

Jika memori penyimpanan Anda dirasa mulai penuh dan tetap ingin menyimpan foto dan video, Google Photos menjadi pilihan menarik. 

Anda bisa menyimpan berbagai momen terbaik dalam bentuk foto dan video lewat layanan dari Google tersebut. Untuk mengaksesnya juga cukup mudah, bisa melalui smartphone maupun laptop atau komputer.

Rilis lima tahun yang lalu, Google memberikan layanan penyimpanan foto dan vide di Google Photos secara cuma-cuma alias gratis.

Bagi Anda yang sudah mencobanya sejak lima tahun yang lalu mungkin telah mendapatkan benefit yang lebih banyak. Sebab Anda bisa menyimpan foto dan video di Google Photos tanpa batasan.

Namun bagi Anda yang baru mencobanya atau bahkan ingin menjajalnya sepertinya benefit tersebut akan segera hilang. 

ILUSTRASI: Google

Google melalui update di blog resminya mengumumkan bahwa layanan penyimpanan Google Photos untuk pengguna gratisan segera berakhir. 

Mulai 1 Juni 2021 pengguna Google Photos hanya bisa menyimpan foto dan video maksimal 15GB. Namun demikian bagi pengguna lama yang sebelumnya telah upload foto berkualitas tinggi sebelum tanggal tersebut tidak akan terhitung pemakaiannya.

Artinya foto maupun video yang di upload sebelum 1 Juni 2021 di Google Photos masih memiliki kualitas original sesuai dengan foto atau video aslinya tanpa di kompres. Sebab jika upload foto setelah tanggal 1 Juni kualitas foto maupun video akan disesuaikan bagi penguna gratisan Google Photos.

Saat ini Google Photos telah menyimpan 4 triliun foto dan 28 miliar foto dan video setiap minggu yang diunggah.

Namun jika 15GB dirasa kurang, Anda bisa menambah kuota penyimpanan di Google Photos dengan biaya langganan tertentu.

Mengutip dari 9to5Google.com, berikut rincian biaya berlangganan Google Photos:

  • 100GB - $1,99 per bulan
  • 200GB - $2,99 per bulan
  • 1TB - $9,99 per bulan

Selanjutnya: Berikut 7 aplikasi di HP Android yang disebut-sebut menipu penggunanya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru