Lelang Gaun Malam Putri Diana Pecahkan Rekor, Laku Terjual US$1,1 Juta

Selasa, 19 Desember 2023 | 07:30 WIB Sumber: Reuters
Lelang Gaun Malam Putri Diana Pecahkan Rekor, Laku Terjual US$1,1 Juta

ILUSTRASI. Dresses that belonged to Princess Diana and a sketch study portrait are on display ahead of the auction Legends: Hollywood & Royalty at Julien's Auctions in Beverly Hills, California, U.S., August 28, 2023. REUTERS/Mario Anzuoni


RUMAH LELANG - LONDON. Gaun malam yang dikenakan mendiang Putri Diana terjual seharga US$1,1 juta atau sekitar Rp 17 miliar (kurs Rp 15.500), 11 kali lipat dari perkiraan.

Angka itu sekaligus memecahkan rekor harga untuk salah satu gaun yang dilelang, demikian disampaikan Julien's Auctions yang berbasis di Los Angeles, Minggu (17/12).

Diana pertama kali mengenakan gaun malam panjang balerina berwarna hitam dan biru, karya desainer Jacques Azagury, di Florence pada tahun 1985.

Baca Juga: Kate Middleton Ulang Tahun ke-41, Ini Profil Calon Ratu Inggris yang Curi Perhatian

Dia juga difoto dengan gaun tersebut setahun kemudian saat berkunjung ke Vancouver, kata rumah lelang tersebut.

Julien's Auctions menyebut, gaun tersebut, bersama dengan ilustrasi yang senada, terjual seharga US$1.148.080, setelah mendaftarkannya dengan estimasi US$100.000 - US$200.000.

"Julien's sekarang memegang rekor dunia baru untuk gaun termahal yang dikenakan oleh Putri Diana yang dijual di lelang," katanya dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa rekor lelang sebelumnya adalah US$604.800.

Gaun itu terdiri dari korset beludru hitam panjang yang disulam dengan bintang-bintang biru dan rok organza biru dua tingkat yang dihiasi selempang dan pita.

Gaun ini dijual sebagai bagian dari penjualan "Hollywood Legends" selama empat hari oleh Julien's Auctions dan Turner Classic Movies (TCM), yang menampilkan berbagai memorabilia.

Baca Juga: Raja Charles Bakal Tetap Undang Harry dan Meghan ke Upacara Penobatannya

Blus sifon merah muda yang dikenakan Diana untuk potret pertunangannya dengan Pangeran Charles di tahun 1981 oleh Lord Snowdon terjual dengan harga $381.000.

Blus karya David dan Elizabeth Emanuel yang kemudian mendesain gaun pengantin Diana ini memiliki perkiraan harga US$80.000 - US$100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru