Gadget

Lenovo menjadi pemimpin pasar PC global

Selasa, 15 Oktober 2019 | 07:40 WIB Sumber: Kompas.com
Lenovo menjadi pemimpin pasar PC global

ILUSTRASI. FILE PHOTO: A Lenovo ultrabook and a tablet are displayed during a news conference in Hong Kong, China May 21, 2015. REUTERS/Bobby Yip/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengapalan PC (desktop dan laptop) global pada kuartal III-2019 naik tipis. Periset pasar Gartner melaporkan pengapalan laptop tumbuh 1,1 % dari tahun ke tahun. Lenovo menjadi pemimpin pasar PC dengan pangsa 24,7 %.

Total pengapalan laptop pada kuartal III-2019 mencapai 68 juta unit, naik dari periode yang sama tahun lalu sebesar 67 juta unit. Di belakang Lenovo terdapat HP Inc dengan pangsa 22,4 %, dan Dell 16,6 %.

Baca Juga: Ingin nostalgia game lawas? Konami merilis PC Engine seharga Rp 1,3 juta

Apple menduduki posisi keempat dengan pangsa pasar 7,5 % dan nomor lima diisi oleh Acer Group dengan pangsa pasar 6,2 %.

Menurut Gartner, vendor-vendor PC tersebut meraup untung dari turunnya harga komponen seperti DRAM dan SSD dalam beberapa kuartal terakhir.

Gartner mengatakan, siklus pembaruan Windows 10 juga mempengaruhi pergerakan pasar di seluruh wilayah. "Meskipun tingkat pengaruhnya berbeda-beda tergantung kondisi pasar lokal dan tingkat siklus pembaruannya," jelas Mikako Kitagawa, Senior Principal Research Analyst Gartner.

Baca Juga: Produsen komputer HP bakal PHK 7.000-9.000 pekerja?

Hasil yang kurang lebih sama juga dilaporkan periset pasar IDC, yang menyebut pertumbuhan pengapalan PC naik 3 % ke angka 70,4 juta unit. Tiga teratas juga masih diduduki vendor yang sama dengan persentase pangsa pasar berbeda.

Posisi pertama ada Lenovo (24,6 %), HP (23,8 %), dan Dell (17,1 %). Namun, berbeda dengan Gartner, riset IDC melibatkan pengapalan tablet dan laptop dengan OS alternatif (selain Windows dan MacOS) seperti Chromebook.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru