Lewat Konser Symphony of Life, YKAI Ingin Ajak Masyarakat Bantu Penderita Kanker

Jumat, 24 November 2023 | 06:04 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Lewat Konser Symphony of Life, YKAI Ingin Ajak Masyarakat Bantu Penderita Kanker

ILUSTRASI. Yayasan Kanker Anak Indonesia menggelar konser Symphony of Life sebagai bagian dari program Humanity in Harmony


KONSER MUSIK - Symphony of Life menjadi konser musik yang diinisiasi oleh Yayasan Kanker Anak Indonesia sebagai konser amal untuk program Humanity in Harmony. Harapannya konser musik ini bisa membantu anak-anak penderita kanker mendapatakan perawatan yang lebih layak. 

Jumlah anak pejuang kanker meningkat setiap tahunnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui International Agency for Research on Cancer (IARC) memperkirakan 8.677 anak Indonesia usia 0-14 tahun menderita kanker pada tahun 2020. Angka ini merupakan angka kasus kanker terbesar di antara negara-negara se-Asia Tenggara.

Berdasarkan catatan terkini dari 8 (delapan) rumah sakit yang berlokasi di Jakarta, Lampung, Surakarta, Yogyakarta dan Palembang serta beberapa daerah rural, dilaporkan total 7000 kasus kanker anak berada dalam perawatan komunitas Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI).

Baca Juga: Intimate Concert Everyday Festival 2023 Digelar 21-27 Desember di TIM

Akan tetapi, jumlah penderita yang terus meningkat tidak sepadan dengan akomodasi rawat untuk anak penderita kanker.Di salah satu rumah sakit kanker yaitu Dharmais hanya mampu menampung 10-15 tempat tidur. Hal itulah yang mendorong YKAI melucurkan ‘Humanity in Harmony’ pada Oktober lalu yang disaksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Bapak Budi Gunadi Sadikin. 

Salah satu program perdana dari Humanity in Harmony adalah Symphony for Life. Sallyana Sorongan, Ketua YKAI mengatakan program ini memiliki misi utama yaitu pembangunan HOSPIC.

"HOSPIC Rumah Paliatif yang pertama di Indonesia, akomodasi perawatan dan fasilitas khusus yang akan mengoptimalkan kualitas hidup bagi anak-anak penderita dan pejuang kanker stadium lanjut dari keluarga prasejahtera”, papar Sallyana. 

Baca Juga: Tersangka Penipuan Tiket Konser Coldplay Ghisca Mengaku Salah

Dalam konser amal ini George Harliono, pianis berkebangsaan Inggris berdarah Indonesia akan mengisi acara bersama Jakarta Sinfonietta dibawah pimpinan konduktor Iswargia R Sudarno.Konser ini akan diadakan pada 26 November 2023 di Aula Simfonia Jakarta. 

Yoldi Tuju, aktivis sosial, Wakil Ketua YKAI mengatakan untuk bisa mewujudkan itu dan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang diperingati pada 12 November beberapa hari lalu, maka program perdana yang dialkukan adalah Konser Amal di MInggu 26 November mendatang yang didukung oleh George Harlino.

Sebenarnya untuk mendukung kegiatan di YKAI ini, Yoldi bilang pihaknya juga sudah bekerja sama dengan berbagai pihak baik pribadi maupun perusahaan. "Kerjasama tersebut tunai dan non tunai. Salah satunya yang non tunai adalah mengajak jalan-jalan anak penderita kanker dan itu bisa menyenangkan mereka," kata Yoldi dalam acara konferensi pers yang dihadiri KONTAN.

 

Selanjutnya: Walau Jadi Tersangka, Wakil Ketua KPK Tegaskan Firli Bahuri Masih Ketua KPK

Menarik Dibaca: Biasa Dikonsumsi Saat Diet, Ini 4 Manfaat Makan Makanan Rebus Buat Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru