Lewat permainan ini, cara mudah mengenalkan konsep ekonomi dasar pada anak

Senin, 19 April 2021 | 21:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Lewat permainan ini, cara mudah mengenalkan konsep ekonomi dasar pada anak


PARENTING - Banyak orang dewasa yang kesulitan mengelola uang dengan baik karena terlambat mengenalkan konsep ekonomi. Memperkenalkan konsep ekonomi sederhana penting diberikan saat seseorang masih kecil. 

Pendidikan dini tentang ekonomi bisa membuat seseorang lebih terbiasa mengelola uang saat mereka dewasa. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui akun Instagramnya memberikan tips mengajarkan konsep ekonomi pada anak. 

Ada lima permainan sederhana yang bisa melatih kemampuan buah hati tentang konsep ekonomi dasar. Berikut rangkuman permainan tentang konsep ekonomi untuk anak dari Instagram Kemendikbud:

  • Menyusun rencana belanja

Banyak anak yang tidak paham menentukan skala prioritas kebutuhan mereka. Tidak sedikit dari mereka yang kesulitan untuk menentukan mana yang penting dan tidak saat sudah dewasa terutama saat membeli sesuatu. 

Saat masih kecil, Anda bisa mulai memberikan pembelajaran bagaimana menentukan kebutuhan mana yang penting dan tidak. 

Ajak buah hati menyusun daftar belanja bulanan. Arahkan mereka barang-barang mana yang penting untuk dibeli dan mana yang bisa ditunda. 

Baca Juga: Bisa bikin makin cerdas, ini deretan manfaat tidur untuk buah hati

  • Memilah barang yang sudah tidak terpakai

Perilaku konsumtif bisa muncul karena seseorang merasa selalu membutuhkan barang yang baru. Padahal, mereka masih memiliki barang-barang lama yang berfungsi dengan baik. 

Agar buah hati bisa menghargai kegunaan barang dan tidak selalu membeli barang baru, Anda bisa mengajak mereka memilih. 

Arahkan anak untuk memilih barang mana yang bisa digunakan dan yang sudah rusak. Jika barang yang tidak digunakan masih bagus, Anda bisa mendonasikan barang tersebut pada orang yang membutuhkan. 

Cara ini juga bisa menumbuhkan sikap empati pada anak agar mereka lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

  • Belajar nilai mata uang

Penting bagi orangtua untuk memperkenalkan uang dan kegunaannya. Langkah pertama adalah mengenalkan nilai mata uang. 

Coba ajak buah hati bermain dengan koin rupiah dengan nilai yang rendah seperti Rp 100. Kegiatan ini juga bisa membantu kemampuan matematika mereka terutama dalam menghitung uang. 

Untuk anak yang masih kecil lebih baik menggunakan uang yang bernilai kecil. Semakin besar buah hati Anda bisa meningkatkan jumlah nilai mata uang ke ribuan bahkan ratusan ribu rupiah. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru