Liburan aman dari corona, wisata virtual ke museum saja

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 10:11 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Liburan aman dari corona, wisata virtual ke museum saja

ILUSTRASI. Liburan aman dari corona, wisata virtual ke museum saja. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.


WISATA - Jakarta. Pemerintah dan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 merekomendasikan masyarakat tetap di rumah selama libur panjang akhir pekan. Meski di dalam rumah, kita masih bisa berwisata lho. Salah satunya dengan wisata ke museum secara virtual.

Wisata virtual ke museum adalah liburan terbaik di tengah pandemi corona. Kamu bisa menambah banyak wawasan tentang beragam benda sejarah, tentang uang, bencana alam dll tanpa harus khawatir dengan penularan virus corona.

Mengingatkan saja, saat libur panjang pada Agustus lalu, tempat wisata cenderung ramai. Hasilnya, terjadi lonjakan jumlah kasus positif corona pasca libur panjang.

Nah, untuk memutus rantai penularan virus corona, lebih baik Anda di rumah saja selama liburan panjang akhir pekan ini. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyediakan fasilitas wisata museum secara online.

Baca juga: Siap-siap, tarif tol di sembilan ruas jalan ini akan naik dalam waktu dekat

Berikut rincian wisata museum secara virtual:

Museum Nasional

Museum Nasional adalah musuem peninggalan pemerintahan Belanda di Batavia. Museum nasional menyimpan 160.000an benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu – Budha; Numismatik dan Heraldik; Keramik; Etnografi, Geografi dan Sejarah.

Kompleks Museum Nasional dibangun di atas tanah seluas 26.500 meter persegi dan hingga saat ini mempunyai 2 gedung. Gedung A digunakan untuk ruang pamer serta penyimpanan koleksi. Sedangkan Gedung B, dikenal pula dengan sebutan Gedung Arca, yang dibuka secara resmi pada tanggal 20 Juni 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selain digunakan untuk pameran juga digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium dan perpustakaan.

Untuk wisata online ke Museum Nasional, silakan buka tautan berikut ini.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru