Liga Italia segera dimulai lagi, tapi 9 klub tolak protokol kesehatan Covid-19

Jumat, 15 Mei 2020 | 16:09 WIB Sumber: BolaSport
Liga Italia segera dimulai lagi, tapi 9 klub tolak protokol kesehatan Covid-19


SEPAK BOLA - JAKARTA. Setidaknya sembilan klub Liga Italia, termasuk Inter Milan, AC Milan, dan Napoli, dikabarkan menolak berlatih bersama mulai Senin (18//5/2020), jika protokol kesehatan terkait COVID-19 tidak diganti.

Pekan ini FIGC dan Pemerintah Italia menyetujui sebuah protokol kesehatan COVID-19 yang harus diikuti klub-klub saat kembali menggelar latihan bersama pada 18 Mei. Latihan bersama kembali digelar dengan proyeksi Liga Italia dimulai lagi pada 13 Juni.

Baca Juga: Kebijakan karantina diprotes pemain, nasib Liga Italia masih tanda tanya

Namun, protokol kesehatan COVID-19 itu ditentang sejumlah klub Liga Italia. Menurut berbagai media di Italia, setidaknya 9 klub yaitu Inter Milan, AC Milan, Napoli, Fiorentina, Cagliari, Hellas Verona, Atalanta, Sampdoria, dan Genoa menolak proposal tersebut.

Tim medis klub mengeluh mereka tidak dilibatkan ketika protokol kesehatan ini disusun dan ditandatangani Pemerintah serta FIGC. Yang membuat klub-klub Liga Italia ini keberatan adalah isu soal karantina wajib selama 15 hari untuk seluruh anggota tim jika ada satu saja pemain atau staf yang positif terinfeksi COVID-19.

Kalau hal ini diberlakukan, praktis klub bersangkutan tidak bisa bermain lagi. Klub Liga Italia ingin mengikuti cara Bundesliga, di mana hanya pemain positif yang diisolasi sedangkan yang lain bisa terus beraktivitas sambil menjalani tes untuk memastikan virus tidak menyebar.

Editor: Handoyo .

Terbaru