CLOSE [X]

Lima Makanan Ini Bisa Membantu Meningkatkan Suasana Hati Anak

Rabu, 23 Maret 2022 | 19:10 WIB Sumber: Tabloid Kontan
Lima Makanan Ini Bisa Membantu Meningkatkan Suasana Hati Anak

ILUSTRASI. 5 Makanan untuk Membantu Meningkatkan Suasana Hati Anak


KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara yang bisa orang tua upayakan untuk membuat anak-anaknya bahagia dan ceria. Beberapa di antaranya adalah mengajak anak jalan-jalan dan memainkan permainan favorit mereka.

Selain melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, kesehatan batin anak juga harus Anda pelihara dengan cara memerhatikan nutrisi harian yang mereka butuhkan.

Untuk membantu anak-anak Anda merasakan getaran yang positif sekaligus meningkatkan suasana hatinya, sajikanlah 5 makanan yang dilansir dari seewhatgrows.org ini.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 4 Makanan yang Mengandung Endorfin, Bikin Mood Bahagia!

1. Blueberry

Blueberry

Menempati urutan teratas dalam daftar makanan tinggi antioksidan, blueberry juga dikemas dengan anthocyanin dan polifenol. Adapun anthocyanin dan polifenol merupakan senyawa yang berperan dalam memerangi stres oksidatif sekaligus mampu meningkatkan suasana hati.

Oleh sebab itu, buah berwarna pekat ini cocok Anda sajikan untuk anak saat mereka memiliki mood yang tidak terlalu bagus.

2. Labu

Labu

Labu merupakan super food yang menyimpan beragam manfaat nutrisi, salah satunya dalam hal meningkatkan suasana hati.

Di dalam labu terdapat triptofan, asam amino, dan neurotransmitter yang menghasilkan serotonin. Mengutip Hello Sehat, serotonin adalah salah satu zat kimia tubuh yang berperan untuk mengendalikan emosi dan suasana hati. Saat seseorang kekurangan serotonin, gangguan mood seperti kecemasan hingga depresi akan rentan menyerang.

Sebaliknya, saat Anda rajin menyajikan labu kepada anak-anak Anda, itu akan membantu menciptakan keadaan yang membahagiakan dan lebih santai bagi mereka.

3. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung triptofan dan berbagai properti penghasil serotonin. Selain itu, biji bunga matahari juga mampu memberikan dosis magnesium yang bermanfaat untuk memodulasi aktivitas sistem respons stres tubuh.

Penelitian menemukan bahwa magnesium memiliki keterkaitan dengan perbaikan gangguan neurobehavioral pada anak-anak. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk sesekali menyajikan biji bunga matahari sebagai camilan guna memberikan asupan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati anak.

4. Sayuran berdaun gelap

Kangkung

Sayuran berdaun gelap kaya akan vitamin B-12, B9 (folat), dan vitamin B lainnya. Adapun vitamin B sendiri tergolong sangat bagus dalam hal memproduksi bahan kimia otak alami yang secara positif memengaruhi suasana hati dan fungsi otak lainnya.

Beberapa contoh sayuran berdaun gelap yang dapat Anda sajikan kepada anak adalah kangkung dan bayam. Supaya anak tertarik untuk mengonsumsinya, pastikan Anda mengkreasikan kedua sayuran tersebut dengan seunik mungkin ya Moms.

5. Alpukat

Alpukat

Sama halnya dengan sayuran berdaun gelap, alpukat kaya akan folat yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Tak sekadar itu, alpukat juga tinggi asam lemak esensial omega-3 yang bagus untuk mood dan kesehatan otak.

Nutrisi yang ditemukan dalam alpukat terbukti efektif untuk mengatur dinding perut yang mudah terpicu. Dengan demikian, alpukat sangat direkomendasikan untuk Anda berikan kepada anak guna mencegah sakit perut yang bisa membuat mereka tidak bahagia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru