Otomotif

Lima motor lawas termasuk RX-King yang punya harga selangit, berikut daftarnya

Sabtu, 29 Februari 2020 | 09:09 WIB   Reporter: kompas.com
Lima motor lawas termasuk RX-King yang punya harga selangit, berikut daftarnya

ILUSTRASI. Sejumlah anggota komunitas Vespa mengikuti acara Vespa Classic Contest di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta, Minggu (20/1).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran sepeda motor canggih semakin banyak. Tapi, tak lantas mengakibatkan motor produksi lawas kehilangan peminat. 

Bahkan, bila melihat pasar motor bekas beberapa waktu belakangan, tak sedikit motor tahun 1990-an yang naik daun kembali, seperti Yamaha RX-King atau Suzuki RGR 150. 

Populasinya yang terbatas menjadi salah satu penyebab utama. Berikut Kompas.com rangkum beberapa motor produksi lawas yang masih punya harga tinggi sampai Februari 2020:

Baca Juga: Tilang elektronik dinilai efektif menekan pelanggaran lalu lintas

Honda NSR250R 

Honda NSR250R merupakan motor yang diproduksi oleh berbagai versi legal dari motor balap mereka yang turun di ajang GP250 (sekarang Moto2) antara 1987 hingga 1999. 

Motor ini berkembang mulai dari NS250R MC11 dan diproduksi dalam empat generasi. Keempatnya menggunakan mesin berpendingin cairan 249 cc, 90 derajat V-twin. 

Pada masanya, motor karya Soichiro Honda ini sangat laris di Jepang dan beberapa negara Asia lainnya. Tak heran, sebab empat generasi pada NSR250R begitu ikonik waktu itu. 

Baca Juga: Triumph Motorcycles bakal memindahkan seluruh produksi ke pabrik baru di Thailand

Di pasar motor bekas, NSR250R amat langka bahkan menjadi salah satu kendaraan yang spesial atau collectible item. Garry Rahman, yang merupakan pecinta motor ini sejak ia duduk di bangku SMP, menyebutkan, harganya bisa mencapai Rp 250 jutaan. 

"Terakhir, teman saya jual motor seperti ini dengan keadaan bagus di kisaran Rp 250 juta. Tapi ada juga yang jual di angka Rp 300 jutaan tergantung kondisi," katanya kepada Kompas.com belum lama ini. 

Yamaha TZM 150 

Pada pertengahan tahun 90-an, Yamaha sempat menggemparkan pasar motor sport berbodi fairing 2-tak yakni TZM 150. Motor ini dibawa PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dengan status completely built up (CBU). 

Di masa itu, TZM 150 mampu bersaing dengan berbagai kompetitornya, seperti Suzuki RGR 150, Kawasaki Ninja 150, dan NSR 150R. Tak heran, sebab desain yang revolusioner tersebut membawa angin segar tersendiri di pasaran. 

Baca Juga: Kemenhub belum membahas pembatasan sepeda motor

Ricky Mahendra, salah satu pemilik TZM 150, mengatakan, saat ini harga motor mampu mencapai puluhan juta rupiah. Namun banderolnya berbeda-beda di pasar motor bekas, karena langka dan hanya sedikit yang masih orisinil. 

"Setelah TZM 150 keluar, harga yang semula Rp 9 jutaan jadi Rp 14 jutaan, terus naik Rp 16 jutaan, dan naik lagi sampai terakhir di angka Rp 24 jutaan. Mungkin sekarang Rp 40 jutaan. Motor berhenti dijual karena saat itu ada kejadian krisis moneter," ujar dia. 

Saat ini, harga motor TZM 150 tidak bisa dipastikan. Tapi jika melihat spesifikasinya, TZM 150 masih layak menjadi motor yang digunakan  di akhir pekan untuk bersenang-senang. 

TZM150 dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 35,3 tk pada 10.500 rpm dan torsi maksimal 25 Nm di 9.500 rpm. Sistem karburasinya menggunakan Mikuni VM30SS dengan power jet nozzle, paling mutakhir pada masa itu. 

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru