Lima perempuan ini sukses geluti bisnis kaum Adam

Selasa, 02 Februari 2021 | 08:15 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Lima perempuan ini sukses geluti bisnis kaum Adam


TOKOH - JAKARTA. Peran wanita di dunia kerja seringkali disepelekan, kesenjangan gender masih sering terjadi di dunia kerja. Banyak yang berpendapat bahwa sebaiknya perempuan tidak bekerja, karena dianggap bahwa laki-laki yang sepatunya bekerja di luar rumah sebagai tulang punggung keluarga.

Namun seiring berkembangnya zaman, peran emansipasi wanita semakin berhasil mendobrak anggapan tersebut. Peranan wanita saat ini bukan hanya mengurus anak dan suami di rumah, tapi perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama untuk bekerja dan memilih bidang profesi sesuai yang diinginkan.

Bukan hanya bekerja, bahkan saat ini tidak jarang kita temui perempuan yang aktif di berbagai bidang usaha. Jika dulu bidang usaha hanya dilakukan oleh laki-laki, sekarang banyak perempuan yang terjun ke dunia bisnis dan berhasil berada di tapuk pimpinan tertinggi.

Bidang usaha yang digeluti pun tidak terbatas pada bidang yang sifatnya feminin, para perempuan hebat ini bahkan sukses berkecimpang dalam bidang usaha yang selama ini identik dengan kaum Adam, berikut lima perempuan hebat yang sukses menggeluti bisnis kaum adam.

Baca Juga: Pengakuan Susi Pudjiastuti: Jadi menteri banyak kecewanya

1. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti yang bernama lengkap Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti, lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 ini, bergerak di bidang kelautan dan industri penerbangan.

Susi adalah Pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat. Pada tahun 2008, dia mengembangkan bisnis aviasinya dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

2. Maya Miranda Ambarsari

Wanita bernama lengkap Maya Miranda Ambarsari SH M.I.B, lahir di Palembang, 9 juli 1973, merupakan seorang sociopreuneur yang menggeluti bidang usaha yang selama ini identik dengan dunia pria.

Maya adalah Pemilik dan President Director PT. BATAMEC Shipyard (galangan kapal). Meski selama ini bisnis galangan kapal lebih didominasi kaum adam, tetapi tidak menjadi halangan bagi Maya untuk menggelutinya. 

Tak hanya Batamec, wanita lulusan Swinburne University of Technology,  Melbourne, Australia ini juga co-founder dan shareholder di Pertambangan Emas PT. Merdeka Copper and Gold Tbk, Pemilik Ellioti Residence, yaitu guest house exclusif dan elegan yang terletak di lokasi strategis di kawasan Pondok Indah, Cipete dan Cisarua.

Baca Juga: Batamec Shipyard bangun kapal BCM kedua untuk TNI AL

Editor: Yudho Winarto

Terbaru