Lini iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max akan gunakan layar 120 Hz buatan Samsung

Selasa, 04 Mei 2021 | 13:51 WIB Sumber: GSM Arena
Lini iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max akan gunakan layar 120 Hz buatan Samsung


SPESIFIKASI HP - JAKARTA. Kabar mengenai spesifikasi iPhone 13 kembali beredar, lagi-lagi soal kualitas layar. Kabar terbaru dari Korea Selatan mengonfirmasikan, iPhone 13 akan menggunakan layar AMOLED buatan Samsung.

Dilansir dari GSM Arena, panel layar jenis LTPO AMOLED hanya akan digunakan oleh iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Jenis layar ini akan dibuat secara eksklusif oleh Samsung Display.

LTPO AMOLED akan mampu menghadirkan refresh rate hingga 120 Hz. Bukan cuma itu, Samsung Electro-Mechanics juga dikabarkan akan memasok papan sirkuit cetak fleksibel yang kaku (RFPCB).

GSM Arena menjelaskan, RFPCB digunakan untuk mengubungkan panel OLED ke papan utama. RFPCB cenderung kaku, tapi tetap bisa dilipat.

Baca Juga: Rumor spesifikasi iPhone 14 sudah beredar, disebut gunakan kamera 48MP

Kemampuan RFPCB yang kokoh namun mudah dilipat ini memungkinkan desain produk dengan layar lebih luas tanpa adanya bezel yang berlebihan. Dengan metode ini, biaya produksi dipastikan lebih tinggi.

Jika kabar ini benar, maka Apple akan memainkan peran besar untuk menghidupkan kembali Samsung Electro-Mechanics yang sempat mempertimbangkan menutup bisnis RFPCB tahun lalu, karena belum mendapatkan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir.

Produk terakhir yang dipasok oleh unit bisnis Samsung adalah iPhone 12, dan kemudian akan berlanjut hingga lini iPhone 13 nanti.

Samsung Display masih jadi pemasok layar elektronik terbesar di dunia. Tahun ini, Samsung Display diprediksi memasok 110 juta panel hanya untuk iPhone. Perusahaan lain yang mengikuti di belakangnya adalah LG Display dengan 50 juta panel dan BOE dengan 9 juta panel.

Selanjutnya: Lini iPhone 13 disebut bakal hadir dengan fitur Always-on Display

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru