Belanja

Lion Parcel Tawarkan Layanan COD Ongkir, Simak Manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2024 | 10:56 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Lion Parcel Tawarkan Layanan COD Ongkir, Simak Manfaatnya

ILUSTRASI. Lion Parcel mengembangkan layanan COD Ongkir untuk membantu para online seller dari sisi pengelolaan logistik.


JASA KURIR DAN LOGISTIK - JAKARTA. Metode pembayaran Cash on Delivery (COD) masih tetap jadi pilihan bagi banyak konsumen di tengah pertumbuhan industri e-commerce. Walau teknologi pembayaran non-tunai terus berkembang, penggunaan COD masih sangat dibutuhkan di Indonesia.

Perusahaan jasa logistik melihat skema COD ini masih akan tetap dipakai masyarakat. Oleh karena itu, mereka juga berinovasi dengan mengkombinasikan skema COD dalam menawarkan layanannya. 

Lion Parcel (PT Lion Express), misalnya, menawarkan layanan COD Ongkir kepada konsumennya. Perusahaan ini melihat layanan tersebut bisa membantu para online seller mengelola urusan logistik bisnisnya. Sehingga, mereka dapat lebih fokus pada proses penjualan produk dan perkembangan bisnisnya tanpa harus memikirkan manajemen logistik.

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto menjelaskan tren belanja online yang terus meningkat turut mendorong demand logistik yang tinggi. Dalam prosesnya, para seller, khususnya yang berjualan melalui platform non-marketplace, seringkali merasa kesulitan mengelola urusan logistik, seperti perhitungan biaya ongkos kirim dan proses pengiriman. 

Baca Juga: Bagaimana Prospek Bisnis E-Commerce ke Depan? Ini Kata idEA

Belum lagi adanya kemungkinan ketidaksesuaian perhitungan ongkos kirim yang ditagihkan kepada pelanggan karena kesalahan berat, volumetrik, atau alamat yang kurang tepat. Menyadari potensi itu, Lion Parcel menawarkan layanan COD Ongkir.

“Secara mekanisme, para pelanggan cukup membayar harga barang kepada seller. Sementara itu, ongkos kirim baru akan dibayarkan oleh pelanggan langsung kepada Lion Parcel ketika barang sudah diterima,” jelas Kenny dalam keterangannya, Jumat (14/6).

Sementara bagi Seller, kata dia, COD Ongkir Lion Parcel akan memudahkan karena urusan logistik sepenuhnya ditangani oleh Lion Parcel. Jadi para seller tidak perlu lagi menghitung ongkos kirim dan meminimalisir ketidaksesuaian akibat salah perhitungan berat, volumetrik, atau alamat yang kurang tepat.

Kenny mengatakan,  animo para seller terhadap layanan COD Ongkir Lion Parcel sangat tinggi sejak dirilis. Komoditas yang mendominasi pengiriman oleh produk fesyen, aksesoris, hingga produk kecantikan dan herbal. 

Baca Juga: JNE Perkuat Ekosistem Digital E-commerce Shopee

Sejalan dengan respon yang positif, Lion Parcel juga turut menyediakan opsi pembayaran Quick Respons Code Indonesian Standard (QRIS) untuk para pelanggan yang membutuhkan kenyamanan lebih dalam proses pembayaran COD Ongkir Lion Parcel. Sehingga hal ini dapat mempercepat proses pembayaran COD Ongkir antara pelanggan dan kurir, serta turut mendukung program digitalisasi yang digadang oleh pemerintah.

“Inovasi layanan COD Ongkir merupakan upaya Lion Parcel mendukung pertumbuhan bisnis para online seller. Sebagai perusahaan logistik yang turut mendukung aktivitas belanja masyarakat secara online, Lion Parcel terus mempelajari kebutuhan pasar agar dapat menghadirkan layanan yang relevan,” tutup Kenny.

Selanjutnya: Sokong Kelistrikan Idul Adha, PLN EPI Jaga Pasokan Energi Primer Pembangkit

Menarik Dibaca: Tambah Penghasilan, Tips Sukses Jadi Konten Kreator

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru