Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona

Jumat, 06 Agustus 2021 | 07:15 WIB Sumber: Reuters
Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona

ILUSTRASI. Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona


KONTAN.CO.ID - MADRID. Pemenang enam kali Ballon d'Or, Lionel Messi, bakal segera meninggalkan klub lamanya, Barcelona. Klub asal kota Catalunya ini pun telah mengkonfirmasi bahwa Messi tidak akan melakukan kontrak baru dengan klub yang sudah dibelanya sejak remaja itu. 

Terlepas dari laporan dalam beberapa pekan terakhir yang menyebut bahwa kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan kontrak, ternyata hal tersebut akhirnya tak terjadi dan membuat Messi meninggalkan Barcelona dengan status free transfer.

"Meskipun telah mencapai kesepakatan antara FC Barcelona dan Lionel Messi dan dengan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru hari ini, itu tidak dapat dilakukan karena kendala keuangan dan struktural (peraturan La Liga)," kata klub itu dalam sebuah pernyataan, Kamis (5/8) waktu setempat.

"Akibat situasi ini, Lionel Messi tidak akan terus bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub akhirnya tidak dapat dipenuhi," lanjut klub yang memiliki 23 gelar La Liga Spanyol ini.

"FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya," tegas Barcelona. 

Kesepakatan antara Barcelona dan Messi memang terhadang oleh rencana restrukturisasi keuangan dari klub tersebut. Ketua La Liga Javier Tebas mengatakan pada bulan lalu bahwa Barcelona, ​​yang memiliki total utang lebih dari € 1 miliar atau setara US$ 1,18 miliar, tidak akan diberikan keringanan hukuman dalam hal mematuhi aturan kontrol keuangan liga yang ketat.

Baca Juga: Tiba di Barcelona, misteri kontrak Lionel Messi akan terjawab pekan ini

Berita keluarnya Messi datang sehari setelah La Liga, pada prinsipnya setuju untuk menjual 10% dari perusahaan yang baru dibentuk yang menampung sebagian besar bisnisnya ke perusahaan ekuitas swasta CVC Capital Partners seharga € 2,7 miliar setara US$ 3,2 miliar.

Dengan keputusan ini, para pengamat melihat Messi bakal menjadi aset yang paling dilirik di bursa transer musim panas kali ini. Namun, meski berstatus free transfer, diperkirakan hanya ada beberapa klub besar yang mampu mengontrak Messi untuk bermain di musim depan, mengingat adanya masalah gaji dan kontrak.

Pemain Argentina berusia 34 tahun ini telah membuat dampak yang hampir tak tertandingi pada sepakbola modern saat ini. Dia memainkan seluruh karir profesionalnya untuk Barcelona. 

Messi pun telah mendapatkan rekor enam Ballon d'Or, yang merupakan penghargaan kepada pemain sepak bola top di dunia. Bahkan kapten tim nasional Argentina ini sudah membantu Barcelona memenangkan 10 kejuaraan La Liga.

Bergabung dengan tim muda Barca pada usia 13 tahun, Messi merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub tersebut dengan membuat 672 gol dalam 778 pertandingan di semua kompetisi.

 

Selanjutnya: Ingin Kejar Bisnis Premier League, La Liga Jual 10% Saham ke CVC

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru