Liverpool Pecahkan Rekor Transfer Pemain di Liga Inggris

Jumat, 11 Agustus 2023 | 14:42 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Liverpool Pecahkan Rekor Transfer Pemain di Liga Inggris

ILUSTRASI. Liverpool Liga Champions


BISNIS KLUB SEPAKBOLA - JAKARTA. Satu hari menjelang pembukaan Liga Inggris, ada satu peristiwa menarik yang bikin geger para penggila sepakbola. Terutama adalah untuk penggemar Liverpool FC dan Chelsea.

Beberapa hari terakhir ini, kedua klub Liga Inggris ini berperang di laga transfer pemain. Dikarenakan kedua klub tersebut amat butuh daya gedor dan menambal pertahanan di masing-masing lini.

Seperti Liverpool, yang sudah ditinggal sang kapten Jordan Henderson serta gelandang bertahan asal Brasil, Fabinho. Kedua pemain ini memilih hijrah ke Liga Sepakbola Arab Saudi dengan bayaran yang fantastis. Sebelumnya, sejumlah pemain pilar juga habis kontrak seperti James Milner, Naiby Keita dan Alex Oxlade Chamberlain.

Maka kebutuhan gelandang amat kruisal bagi Liverpool. Klub ini pun sudah mendatangkan Alexis MacAllister dari Argentina serta Dominik Szoboszlai asal Hungaria. Untuk mendatangkan dua pemain tersebut, Liverpool merocok kocek lebih dari £ 90 juta.

Tapi ada satu persoalan lagi, yakni kebutuhan akan gelandang bertahan setelah Jordan Henderson dan Fabinho hengkang. Maka perburuan mendapatkan gelandang bertahan dimulai.

Baca Juga: Investor Asing Kembali Incar Klub Eropa, Giliran Manchester United Jadi Rebutan

Dari sekian banyak pilihan, Liverpool awalnya menjatuhkan pilihan ke Romeo Lavia, asal Belgia. Sudah tiga kali penawaran yang Liverpool ajukan ke Southampton, klub Lavia, ditolak. Penawaran terakhir sejumlah  £ 45 juta.

Tiba-tiba, Chelsea datang dan langsung membuat penawaran melebihi Liverpool ke Southampton untuk mendapatkan Lavia, yakni sebesar  £ 48 juta. Lagi-lagi tawaran Chelsea ditolak Southampton karena Lavia punya nilai  £ 50 juta.

Mendengar kabar Chelsea ikut nimbrung untuk berburu Lavia, bak tidak ada angin dan hujan, Liverpool, menurut jurnalis olahraga asal Italia Fabrizo Romano diakun Twitternya, tengah menyiapkan dokumen resmi untuk mengajukan penawaran resmi ke Southampton untuk membeli gelandang bertahan Moises Caicedo. Padahal Chelsea sudah mengincar Moises selama tiga bulan lamanya dan menawar  £ 80 juta pounsterling ke Southampton yang ujungnya ditolak.

Ini dikarenakan Southampton mematok harga £ 100 juta untuk gelandang asal Ekuador tersebut.

Dan Jumat dinihari, didahului dengan pembicaraan verbal, Liverpool bersiap mengajukan penawaran resmi ke Southampton untuk mendapatkan Moises Caideco yang disebut-sebut sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik saat ini.

Nilainya adalah £ 110 juta. Dan nilai ini sudah disetujui oleh Southampon. Liverpool pun mengalahkan Chelsea yang menawarkan Moises di harga £ 100 juta.

Nilai transfer itupun menjadi rekor baru nilai transfer pemain sepakbola di Liga Inggris. Setelah sebelumnya dipegang Chelsea saat membeli Enzo Fernandez dari Benfica ke Chelsea dengan mahar £ 106,8 juta poundsterling di awal tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru