Tokoh

Mak Erot sampai Tongkat Ali jadi wisata medis, ini kata Tompi

Selasa, 26 November 2019 | 00:04 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Mak Erot sampai Tongkat Ali jadi wisata medis, ini kata Tompi

ILUSTRASI. Artis papan atas Indonesia, Tompi.foto dok.pribadi

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Dokter sekaligus penyanyi Tompi berharap Mentri Kesehatan Terawan bercanda dengan menyebut terapi tradisional Mak Erot berpotensi menjadi wisata kebugaran.

Dikutip dari kompas.com. Tompi yang ditemui Kompas di M Bloc Space, Jakarta Selatan, berharap, peryataan Menkes itu bukan sesuatu yang serius. "Saya berharap itu bercanda. Karena kalau itu serius, berarti beliau enggak tahu Mak Erot ngapain," kata Tompi. (25/11)

Tompi mengaku kerap bertemu dengan pasien yang datang dengan keluhan dari hasil pengobatan Mak Erot. Tak bisa memastikan Mak Erot yang dimaksud Terawan adalah orang yang sama, Tompi bercerita sebagai dokter bedah plastic, ia acap  mendapatkan korban Mak Erot. “Meskipun saya enggak tahu itu Mak Erot yang dimaksud sama atau tidak, Bisa saja orang yang berbeda. Tapi korban sering menjual nama Mak Erot," tutur Tompi.

Tompi juga tak yakin, dengan hanya diurut, tiba-tiba kemaluannya gede. “Ternyata ada sesuatu yang disuntikan secara tidak sadar mengurut sambil dia nyuntik. Kemudian bisa tumbuh jaringan baru dan bentuk kemaluan enggak karuan," lanjut Tompi.

Tompi berharap Mak Erot yang disebut dalam wisata kebugaran itu bukanlah Mak Erot yang disebutkannya. "Dan sering orang datang ke dokter bedah minta jaringan itu dibersihkan. Mudah-mudahan yang kita omongin bukan Mak Erot yang sama ya," ucap Tompi penuh harap.

Dikutip Kompas.com dari Tribunnews.com, Terawan sempat melontarkan ide untuk membuat wisata kesehatan sehingga bisa meningkatkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Untuk itu, Kementerian Kesehatan mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat peta jalan pengembangan wisata kesehatan.

Ada empat aspek yang akan menjadi daya pikat yakni wisata medis, wisata kebugaran dan jamu, wisata olahraga mendukung kesehatan dan wisata ilmiah kesehatan. Khusus untuk meninkatkan poin ketiga yakni wisata kebugaran dan jamu, Terawan menyebut akan membuat acara kesehatan berkelas internasional dan kemudian mempromosikan yang paling unik dari jamu dan teknik kebugaran yang sudah ada di Indonesia.

"Rajin-rajinlah membuat kongres-kongres internasional, kemudian itu banyak contohnya itu mau Tongkat Ali, mau Purwaceng, mau Mak Erot pakai teknik-teknik yang lain, yang segar, yang gampang, yang memudahkan orang asing mau datang ke Indonesia," ucap Menkes Terawan.

 


Editor: Titis Nurdiana

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru