Mampu Mencegah Kerusakan Saraf, Kenali 10 Manfaat Mengkonsumsi Selada Ini

Jumat, 27 Mei 2022 | 05:27 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mampu Mencegah Kerusakan Saraf, Kenali 10 Manfaat Mengkonsumsi Selada Ini

ILUSTRASI. Selada.

KONTAN.CO.ID - Di Indonesia selada dikenal sebagai salag satu sayuran yang kerap dikonsumsi sebagai lalapan. Namun, tahukah Anda bahwa mengkonsumsi selada dapat memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh?

Tak hanya dijadikan lalapan, selada juga sering dijadikan bahan berbagai macam makanan khas Indonesia, salah satunya gado-gado.

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa selada mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut didapatkan karena selada mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Baca Juga: Cara Ampuh Memutihkan Kulit Wajah, Gunakan 5 Bahan Alami Ini

Nutrisi yang terkandung dalam selada di antaranya seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B-6, vitamin E, kalsium, magnesium, fosfor, zinc dan masih banyak lagi kandungan lainnya. 

Lalu apa saja manfaat selada untuk kesehatan? 

Melansir dari Lybrate, berikut manfaat selada untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

Mencegah Kerusakan Saraf 

Selada juga bermanfaat untuk mencegah rusaknya sel saraf dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan selada berperan penting jika tubuh kekursngan glukosa atau serum yang membantu mencegah kematian sel neuron.

Baik untuk Insomnia

Mengkonsumsi selada dipercaya bermanfaat bagi penderita insomnia. Pasalnya, selada mengandung senyawa yang mampu menenagkan dan merangsan tidur tetapi tidak memiliki efek samping. Jika Anda sulit tidur, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa lembar daun selada.

Baca Juga: Kenaikan Isa Al Masih, Ini Daftar Hari Libur Naisional Tahun 2022 Lainnya

Melawan Radikal Bebas

Selada memiliki antioksidan yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh kita yang terbentuk karena metabolisme sel. Radikal ini cenderung merusak jaringan dan sel sehat. Untuk itu, antioksidan dalam selada mempunyai manfaat yang dapat melindungi tubuh dari radikal tersebut.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru