Mampu Mengontrol Gula Darah, Ini 9 Khasiat Daun Jambu Biji Lainnya

Senin, 16 Mei 2022 | 07:24 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mampu Mengontrol Gula Darah, Ini 9 Khasiat Daun Jambu Biji Lainnya

ILUSTRASI. Khasiat daun jambu biji untuk kesehatan salah satunya dapat mengontrol gula darah.


KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi daun jambu biji dapat memberikan manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, daun jambu biji juga sering diolah menjadi berbagai jenis obat alami.

Salah satu faktor yang membuat daun jambu biji sering dijadikan obat adalah banyaknya kandungan nutrisi dalam daun tersebut. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun jambu biji tersebut seperti vitamin C, kalium, antioksidan, zat besi, likopen dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Kencur yang Belum Banyak Diketahui Orang, Simak!

Biasanya daun jambu biji bisa dikonsumsi dalam sebuah suplemen, teh, ekstrak, hingga dimakan langsung.

Lantas apa saja khasiat yang diberikan daun jambu biji untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari Herbal Goodness, berikut khasiat daun jambu biji yang menarik untuk diketahui.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Meminum air jambu biji dipercaya mempunyai khasiat yang mampu mengurangi sakit perut dan baik untuk sistem pencernaan secara keseluruhan. Agar pencernaan terjaga cobalah untuk meminum air rebusan jambu biji secara rutin.

Membantu Penyerapan Lemak

Perlu Anda ketahui, dalam waktu delapan minggu penggunaan daun jambu biji secara teratur dapat membantu penyerapan dan pengaturan lemak loh. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami, Mau Coba?

Mengontrol Gula Darah 

Khasiat daun jambu biji selanjutnya adalah mampu mengontrol kadar gula darah. Senyawa dalam daun jambu biji dapat membantu menghambat maltosa dan sukrosa, dua gula, agar tidak diserap oleh tubuh setelah makan.

Membantu Mengurangi Berat Badan

Mengkonsumsi teh daun jambu biji juga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, salah satu khasiat daun jambu biji atau teh jambu biji adalah mencegah atau memperlambat karbohidrat kompleks menjadi gula, maka Anda dapat mencapai tujuan Anda saat mengkonsumsi daun jambu biji.

Baca Juga: 5 Efek Samping Minyak Zaitun yang Perlu Diwaspadai

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun jambu biji mengandung banyak vitamin C dan dan zat besi. Dari kedua kandungan tersebut daun jambu biji mempunyai khasiat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memperkuat sistem pernapasan.

Meredakan Sakit Gigi

Jika Anda pernah sakit gigi, Anda mungkin sangat bisa memanfaatkan khasiat dari daun jambu biji ini. Daun jambu biji dapat digiling dan dioleskan pada gusi untuk meredakan sakit gigi loh.

Obat Jerawat 

Daun jambu biji ternyta juga mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan kulit. Khususnya, daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan jerawat.

Baca Juga: Menyegarkan Saat Diminum, Ternyata Ini 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Rambut 

Selain mempunyai khasiat untuk obat jerawat, ekstrak daun jambu biji juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Gunakan ekstrak daun jambu biji langsung ke kulit kepala untuk mendukung kesehatan rambut.

Meningkatkan Kualitas Tidur 

Khasiat daun jambu biji yang satu ini perlu Anda ketahui, khususnya bagi penderita insomnia. Pasalnya, daun jambu biji kaya antioksidan yang mampu membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Demikian beberap khasiat daun jambu biji yang menarik untuk diketahui. Meski demikian, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun jambu biji untuk meminimalisir efek samping dan memaksimalkan khasiatbyang diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru