Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini 6 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:18 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini 6 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Khasiat daun kelor untuk kesehatan.


KESEHATAN - Daun kelor adalah tanaman yang dikenal mempunyai segudang khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran, daun kelor kerap dijadikan obat tradisional. 

Karena sudah banyak terbukti khasiatnya, daun kelor juga kerap dijadikan salah satu bahan ramuan berbagai jenis suplemen kesehatan. 

Bahkan, ada juga yang menggunakan daun kelor sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi, salah satunya ibu hamil. Sebab, daun kelor mempunyai khasiat yang dapat meningkatkan produksi ASI. 

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Kolesterol

Selain itu, dilansir dari Thailand Medical News, ada beberapa khasiat daun kelor lain, di antaranya: 

Membantu mengobati anemia 

Khasiat daun kelor yang pertama adalah dapat dijadikan obat alami untuk penderita anemia atau kekurangan darah. Pasalnya, daun kelor mengandung cukup banyak zat besi, protein, dan berbagai nutrisi lain yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah. 

Mencegah kanker 

Selain itu, khasiat daun kelor lainnya adalah dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, mengonsumsi daun kelor secara rutin juga bisa membantu proses kemoterapi menjadi lebih efektif. 

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Bayam Untuk Kesehatan, Dapat Mengurangi Stres Loh

Melindungi liver 

Mengonsumsi daun kelor juga dapat melindungi liver, lo. Soalnya, kandungan dalam daun kelor mampu menyaring racun-racun dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Menjaga kesehatan ginjal 

Daun kelor juga mempunyai manfaat yang bisa menjaga organ tubuh lain, yaitu ginjal. Kandungan kalsium oksalat dalam daun kelor mempunyai khasiat dapat mencegah batu ginjal. 

Menjaga kesehatan kulit

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam daun kelor mampu meningkatkan produksi kolagen serta menutrisi kulit secara maksimal. 

Oleh karena itu, mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat munculnya tanda-tanda penuaan alias jadi awet muda. 

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp yang Bikin Memory Internal HP Penuh

Meredakan peradangan 

Daun kelor mengandung antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, vitamin dan masih banyak lagi nutrisi yang baik bagi kesehatan lainnya.

Dengan banyaknya kandungan tersebut, daun kelor mempunyai khasiat yang dapat meredakan berbagai macam peradangan atau inflamasi sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit. 

Meski mempunya banyak khasiat, Anda tida boleh mengonsumsi daun kelor secara berlebihan. Sebaiknya, berkonsultasi dengan dokter agar tidak muncul efek samping dan memaksimalkan manfaat bisa didapatkan dari daun kelor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru