Mandiri Jogja Marathon 2024 Resmi Digelar, 8.000 Pelari Bawa Semangat Keberlanjutan

Kamis, 27 Juni 2024 | 21:53 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Mandiri Jogja Marathon 2024 Resmi Digelar, 8.000 Pelari Bawa Semangat Keberlanjutan

ILUSTRASI. Mandiri Jogja Marathon 2024 resmi digelar


EVENT LARI - Bank Mandiri kembali menegaskan keberlanjutan serta mendorong ekowisata melalui Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024. Event lari tahunan Bank Mandiri ini akan digelar pada 30 Juni 2024 di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta.

Tidak hanya menawarkan pengalaman olahraga yang meriah MJM 2024 tetapi juga mengedepankan keberlanjutan lingkungan.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman menyatakan, MJM 2024 akan mempertandingkan empat kategori yakni Marathon (42,195 Km), Half Marathon (21 Km), 10 Km, dan 5 Km (Fun Run).

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017, MJM telah menjadi platform untuk mempromosikan gaya hidup sehat sekaligus memperkenalkan keindahan budaya Yogyakarta.

Baca Juga: Mandiri Jogja Marathon 2023, Pelari Kenya Dominasi Podium di Kategori Marathon Open

Pada tahun keenam ini, Bank Mandiri telah menjaring partisipasi sekitar 8.000 pelari dari berbagai negara termasuk Kenya, China, Jepang, Australia, Prancis, Amerika Serikat, dan Malaysia.

Besarnya tingkat partisipasi ini, diharapkan dapat kembali meningkatkan pertumbuhan belanja masyarakat di kawasan Yogyakarta.

Bukan tanpa sebab, merujuk data Mandiri Institute,  pelaksanaan MJM dalam dua tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan dalam belanja masyarakat selama akhir pekan acara.

Pada MJM 2022, pertumbuhan belanja meningkat dari rata-rata 17% menjadi 20%, sementara pada MJM 2023, lonjakan lebih tinggi terjadi dengan peningkatan dari 16,1% menjadi 28,5%.

Sementara itu, transaksi nasabah Bank Mandiri selama periode MJM 2023 pun ikut meningkat. Tercatat per akhir Juni 2023 volume transaksi acquiring business (EDC, QRIS dan e-commerce) Bank Mandiri di Area Yogyakarta dan sekitarnya mencapai Rp 233 miliar atau tumbuh 14,3% dibandingkan akhir Mei 2023 atau month on month (MOM).

Baca Juga: Mandiri Jogja Marathon 2023, Keindahan Alam dan Kekayaan Budaya Lokal

Ali berharap MJM 2024 dapat kembali memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pada akhir Juni 2024. Antara lain nilai volume transaksi acquiring business diproyeksikan mampu tumbuh hingga 21% dibandingkan periode Mei 2024.

“Hal ini menunjukkan bahwa MJM tidak hanya menarik peserta tetapi juga meningkatkan aktivitas ekonomi lokal khususnya pelaku UMKM secara substansial,” ujar Ali dalam Konferensi Pers MJM 2024 di Yogyakarta, Kamis (27/6).

Untuk itu, Bank Mandiri juga menyediakan berbagai promosi untuk meningkatkan pengalaman peserta, seperti cashback hingga 50% untuk transaksi dengan QRIS Livin’ by Mandiri, Tap to Pay, dan Livin’ Paylater dan penawaran menarik produk finansial Bank Mandiri selama acara berlangsung.

Kemudian, guna memastikan keamanan peserta, Bank Mandiri bersama AXA Mandiri berkolaborasi menyediakan perlindungan asuransi kecelakaan senilai Rp 20 juta per peserta.

Selain itu, AXA Mandiri juga memperkenalkan inisiatif Digital Health Check Up untuk memfasilitasi penilaian kesehatan fisik dan mental para peserta.

Dalam rangkaian acara ini, Bank Mandiri juga menggandeng berbagai instansi lokal seperti Pemerintah Kabupaten Sleman dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Ali menegaskan bahwa dukungan Bank Mandiri Group adalah bukti kepercayaan kepada peserta dan pemangku kepentingan untuk menghasilkan acara yang terbaik dan aman.

Baca Juga: Jelang Jogja Marathon, Ini Jadwal & Rute Mandiri Jogja Marathon 2023

Editor: Yudho Winarto

Terbaru