Manfaat masker lemon plus cara membuatnya

Selasa, 10 November 2020 | 15:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Manfaat masker lemon plus cara membuatnya


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak jenis masker yang bisa Anda gunakan untuk merawat kesehatan kulit. Bagi pemilik kulit berminyak, masker lemon adalah salah satunya. Jenis masker itu bisa dikombinasikan dengan bahan alami lain agar manfaat yang dirasakan kulit Anda semakin maksimal.

Mengutip dari Be Spotted (bespotted.org), lemon mengandung vitamin C, kalsium, asam sitrat, dan antioksidan. Kandungan tersebut mampu menjaga kulit dari serangan radikal bebas dan mengurangi kerutan.

Lemon juga memiliki kandungan astringen alami di mana pori-pori kulit bisa mengecil sehingga kulit terlihat semakin lembut. Tak hanya itu, lemon juga mengandung antibakteri dan antiseptik sehingga cocok digunakan untuk kulit yang mudah berjerawat.

Masker Lemon dan Madu

Masker yang terbuat dari lemon dan madu merupakan salah satu jenis masker yang digemari oleh banyak orang. Bahan-bahan tersebut mampu menghidrasi kulit dengan baik dan bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan alami

Caranya, campurkan 2 sdt air lemon dengan 1 sdm madu. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata dan berbentuk pasta. Aplikasikan masker pada wajah yang sudah dibersihkan kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Masker Lemon dan Putih Telur

Masker yang terbuat dari lemon dan putih telur cocok digunakan untuk mengobati jerawat. Be Spotted mengatakan, putih telur berguna untuk mengurangi produksi sebum, membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Pertama, kocok satu putih telur hingga berbusa. Setelah itu, tambahkan 1 sdt air lemon dan dua hingga tiga tetes tea tree oil. Gunakan campuran bahan itu sebagai masker lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bersihkan masker dengan air.

Baca Juga: Coba buat masker komedo alami dari bahan ini, yuk

Masker Lemon dan Tomat

Masker lemon bisa dibuat dengan tomat untuk menyamarkan noda hitam.

Apakah Anda memiliki banyak noda hitam di wajah? Jika iya, maka masker yang terbuat dari lemon dan tomat adalah jawabannya. Bahan-bahan tersebut mampu menyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit, dan merawat kesehatan kulit.

Caranya, tumbuk sebuah tomat dan campurkan dengan 1 sdt air lemon dan 2 sdt minyak kelapa. Aplikasikan masker yang sudah teraduk rapat pada wajah menggunakan kapas kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit. Anda bisa kembali menambahkan masker saat kering. Setelah itu, bilas dengan air.

Selanjutnya: Masker jeruk nipis terbaik untuk kulit mudah berjerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru