Manfaat yang Didapat Jika Ikut Paskibraka, Bisa Diterapkan di Kehidupan Sehari-Hari

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:53 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Manfaat yang Didapat Jika Ikut Paskibraka, Bisa Diterapkan di Kehidupan Sehari-Hari

ILUSTRASI. Manfaat yang Didapat Jika Ikut Paskibraka, Bisa Diterapkan di Kehidupan Sehari-Hari. ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Muchlis Jr/wpa/wsj.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka tentu menjadi impian banyak siswa, khususnya jika berhasil mengibarkan Sang merah Putih di Istana Presiden.

Formasi baris-berbaris yang rapih dan kompak satu dengan yang lainnya membuat banyak orang kagum dengan anggota Paskibraka. 

Daftar Isi

Agar bisa sukses menampilkan formasi yang apik dan tentunya kompak, dibutuhkan latihan yang tidak sebentar dan ketekunan.

Selain pengalaman, ada banyak manfaat yang bisa didapat siswa jika mengikuti ekstrakurikuler Paskibraka. 

Apa saja manfaatnya? Berikut ini rangkuman manfaat mengikuti Paskibraka dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: Daftar Kata Bahasa Inggris Gaul yang Banyak Dipakai saat Chatting serta Artinya

Melatih disiplin

Disiplin adalah hal yang sudah pasti diterapkan dan akan selalu diingat oleh para anggota Paskibraka, bahkan setelah mereka tidak lagi bertugas. 

Seluruh anggota Paskibraka saat masa karantina dilatih untuk disiplin mengikuti setiap aturan dan jadwal yang ada. Maka dari itu, kedisiplinan bukan lagi hal yang diragukan dari seorang anggota Paskibraka.

Manajemen waktu yang baik

Selain kedisiplinan, menjadi anggota Paskibraka akan membuat kita mahir dalam mengatur waktu. 

Hal ini dikarenakan pelatihan Paskibraka memiliki segudang jadwal yang cukup padat baik di lapangan maupun di dalam ruangan. Manajemen waktu yang baik akan bisa kamu dapat dengan menjadi seorang anggota Paskibraka.

Belajar bekerja sama dengan tim

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itu, team work atau kerjasama tim adalah salah kemampuan  hal yang harus kita pelajari. 

Dengan menjadi anggota Paskibraka, Anda akan belajar bekerja sama dengan tim. Kerja sama antar tim ini terlatih seiring Paskibraka latihan baris-berbaris. 

Jika satu orang saja salah, maka satu kelompok akan salah semua. Dalam proses latihan Paskibraka, setiap orang harus memikirkan orang lain, satu gerakan yang sama, bersemangat yang sama, dan tujuan yang sama. Jadi, saling mendukung dan memberikan semangat satu sama lain.

Baca Juga: Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Pada Kaki yang Wajib Anda Waspadai Sejak Dini

Menanamkan rasa cinta Tanah Air

Dengan ikut Paskibraka akan membuat diri kita memiliki rasa cinta yang dalam terhadap Negara Kesatuan RepubIik Indonesia. 

Rutin menyanyikan lagu Indonesia Raya, belajar tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan ketika mengibarkan bendera muncul rasa semakin bangga menjadi orang Indonesia.

Menanamkan rasa syukur

Selama masa karantina dan menjadi anggota Paskibraka akan membuat seseorang menjadi bersyukur. Ketika terpilih menjadi bagian dari Paskibraka, artinya telah berhasil bersaing dengan ribuan calon Paskibraka lainnya untuk bisa mengibarkan bendera pusaka pada Hari Kemerdekaan Indonesia. 

Hal itu tentu akan membuat Anda merasa bersyukur sekaligus bangga menjadi anggota Paskibraka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru