Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie kembali menyumbang puluhan triliun untuk amal

Kamis, 17 Juni 2021 | 00:05 WIB Sumber: CNBC
Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie kembali menyumbang puluhan triliun untuk amal


TOKOH -  JAKARTA. Mantan istri CEO Amazon, Jeff Bezos, yakni MacKenzie Scoot pada hari Selasa mengumumkan telah memberikan donasi lebih dari US$ 2,7 miliar atau setara Rp 38,61 triliun (kurs Rp 14.300) kepada ratusan grup pada tahun ini.

Dalam sebuah postingan di blog pribadinya, MacKenzie yang sekarang menggunakan nama Scoot mengatakan bahwa dia menyumbang uang tersebut ke 286 organisasi yang berfokus pada berbagai keahlian dan perjuangan, mulai dari seni, keadilan rasial hingga pendidikan tinggi serta dalam memerangi kekerasan dalam rumah tangga.

Pengumuman ini juga menandai sumbangan pertama Scott sejak dia menikah lagi dengan Dan Jewett, seorang guru sains di Seattle pada awal tahun ini.

"Saya, Dan, konstelasi peneliti dan administrator dan penasihat, kita semua berusaha untuk memberikan kekayaan yang dimungkinkan oleh sistem yang membutuhkan perubahan,” tulis Scott dalam posting blog seperti dilansir CNBC

Baca Juga: MacKenzie Scott mantan istri Jeff Bezos donasikan Rp 59 triliun ke-384 instansi

“Dalam upaya ini, kami diatur oleh keyakinan rendah hati bahwa akan lebih baik jika kekayaan yang tidak proporsional tidak terkonsentrasi di sejumlah kecil tangan, dan bahwa solusi terbaik dirancang dan diterapkan oleh orang lain,” sambung dermawan miliarder tersebut.

Scott telah mengambil pendekatan yang tidak biasa terhadap filantropi, sebelumnya dia berkonsultasi dengan timnya tentang cara memberikan kekayaannya lebih cepat. Pengumuman hari Selasa menandai sumbangan ketiga Scott dalam waktu kurang dari setahun.

Scott memiliki kekayaan bersih lebih dari US$ 59 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Scott menjadi salah satu wanita terkaya di dunia setelah perceraiannya dari Bezos pada 2019, yang membuatnya memiliki 4% saham di Amazon. Mantan suaminya adalah pria terkaya di dunia, menurut indeks tersebut.

Scott telah memberikan sumbangan sejak Juli 2020, ketika dia mengumumkan sumbangan US$ 1,7 miliar untuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam yang bersejarah, bersama dengan kelompok lain. Desember lalu, Scott mengumumkan bahwa dia memberikan US$ 4,2 miliar lagi kepada ratusan organisasi.

Pada tahun 2019, Scott menandatangani Ikrar Pemberian, berkomitmen untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya untuk amal. The Giving Pledge dimulai oleh Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates pada tahun 2010 untuk mendorong ultra-kaya dunia untuk mendistribusikan kekayaan mereka.

Selanjutnya: Setelah bercerai dari Jeff Bezos, ini kabar terbaru Mackenzie Scott

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru