Mantan Pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo Meninggal Dunia

Kamis, 02 Februari 2023 | 00:08 WIB Sumber: Kompas.com
Mantan Pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo Meninggal Dunia

ILUSTRASI. Mantan Pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar duka menghampiri sepak bola Tanah Air. Mantan pelatih timnas Indonesia, Benny Dollo, meninggal dunia. Benny Dollo meninggal dunia pada usia 72 tahun. Pemilik nama lengkap Benny Selvianus Dollo meninggal pada Rabu (1/2/2023) malam.

Mantan kapten timnas Indonesia, Firman Utina, mengunggah fotonya bersama Benny Dollo sembari menuliskan kalimat perpisahan. "Selamat jalan om Beni Dollo," tulis Firman Utina di akun Instagram pribadinya.

Bendol, sapaan akrab Benny Dollo, pernah menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia dalam dua periode, yakni pada tahun 2000-2001 dan 2008-2010. Periode pertamanya saat dia menggantikan Nandar Iskandar pada tahun 2000.

Baca Juga: Para Pejabat Incar Posisi Ketum PSSI, Anggota Komisi X Ingatkan Bukan Jabatan Politik

Kala itu, dia bertugas meracik skuad Garuda pada Kualifikasi Piala Dunia 2002. Timnas Indonesia arahan Bendol saat itu berhasil menang atas Maladewa dan Kamboja dalam laga kandang maupun tandang. Akan tetapi, mereka gagal menang saat melawan China baik tandang maupun kandang.

Setelah gagal lolos kualifikasi Piala Dunia, Bendol turun dari jabatan pelatih timnas Indonesia pertengahan tahun 2001 dan digantikan Ivan Kolev. Periode kedua bagi Benny Dollo terasa lebih lama.

Awal kepelatihannya bermain sebagai tuan rumah Piala Kemerdekaan 2008 di Jakarta. Dia mampu membuat Budi Sudarsono cs menang telak 7-0 atas Kamboja dan 4-0 atas Myanmar.

Benny Dollo juga berhasil memberikan gelar juara internasional, yakni Piala Kemerdekaan kendati bukan masuk dalam kejuaraan resmi di bawah FIFA.

Setelah itu, Indonesia ikut berpartisipasi di ajang Grand Royal Challenge Cup 2008. Ajang tersebut digunakan untuk pemanasan jelang Piala AFF 2008.

Akan tetapi, Bendol gagal membawa Indonesia juara di kandang sendiri pada ajang Piala AFF 2008 meski sudah banyak melakukan persiapan.

Baca Juga: Ini Deretan Artis dan Petinggi Klub yang Dukung Erick Thohir Jadi Ketua PSSI

Garuda kalah dua kali dari Thailand dalam semifinal Piala AFF 2008. Kendati gagal di Piala AFF 2008, Bendol masih dipercaya menjadi pelatih timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2010.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar Duka, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo Meninggal Dunia"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru