Marak Penyadapan WhatsApp, Ini 4 Cara Mengetahuinya

Kamis, 26 Oktober 2023 | 04:04 WIB Sumber: Kompas.com
Marak Penyadapan WhatsApp, Ini 4 Cara Mengetahuinya

ILUSTRASI. Salah satu modus kejahatan yang tengah marak yakni adanya penyadapan akun WhatsApp pengguna lain.


WHATSAPP - Salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling banyak diminati oleh pengguna gawai saat ini adalah WhatsApp. 

Data Statista yang dirilis pada Juni 2023 menunjukkan, jumlah pengguna WhatsApp seluruh dunia mencapai 2,78 triliun. Angka tersebut naik 12% dibandingkan bulan yang sama pada 2022. 

Sayangnya, kondisi tersebut kerap dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan demi meraih keuntungan pribadi. 

Salah satu modusnya yakni dengan melakukan penyadapan akun WhatsApp pengguna lain. Tujuannya adalah untuk bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya. 

Cara mengetahui WhatsApp sedang disadap

Berikut adalah sejumlah cara untuk mengetahuo apakah WhatsApp pada telepon genggam Anda tengah disadap atau tidak:

1. Periksa aktivitas WhatsApp 

Dikutip dari Alphr, Cara pertama yang bisa dilakukan pengguna adalah melihat daftar pesan Anda. Apabila ada pesan yang tidak Anda kirim atau terima dari orang yang dikenal, kemungkinan WhatsApp Anda telah disadap atau dibajak. 

Baca Juga: 3 Cara Setting Adblock di Browser Agar Bisa Nonton YouTube Lagi

2. Periksa teman baru 

Tinjau kontak Anda di WhatsApp dengan membuka aplikasi dan mengetuk ikon Obrolan di sudut kanan bawah. Konfirmasikan tidak ada teman baru dan tidak dikenal yang muncul di daftar. 

3. Periksa perangkat tertaut 

Untuk mengetahui ada perangkat asing yang tertaut, klik titik tiga pada pojok kanan atas. Selanjutnya, klik menu "Perangkat Tertaut" dan tinjau daftar terakhir aktif untuk perangkat yang tidak dikenal. 

Jika Anda menemukan perangkat yang tidak dikenal, ketuk perangkat tersebut dan pilih Keluar. Mengamankan WhatsApp Jika seseorang telah menggunakan akun WhatsApp Anda, Anda perlu menguncinya. 

Cara paling aman adalah menggunakan autentifikasi dua faktor WhatsApp. Dengan begitu, siapa pun yang mencoba login harus memasukkan kode verifikasi. 

Baca Juga: HP Android Jenis Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp, Cek Daftarnya

Berikut caranya: 

- Klik titik tiga di pojok kanan atas 
- Klik "Pengaturan" 
- Klik "Akun" 
- Klik "Verifikasi dua langkah" 
- Klik "Aktifkan" 
- Ketikkan kode PIN 6 digit 

Anda perlu memasukkan kode PIN tersebut untuk mengautentikasi setiap kali membuka WhatsApp.

4. Periksa informasi kontak 

Jika penyelundup mencoba membajak akun Anda, mereka akan mulai mengubah informasi kontak. Untuk itu, buka pengaturan dan klik menu profil Anda di bagian atas. 

Tinjau informasi dan verifikasi bahwa informasi tersebut akurat dan terkini. Jika ada yang berubah, atau ada informasi yang tidak Anda kenali, Anda harus mengamankan akun. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mengetahui WhatsApp Sedang Disadap"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru