CLOSE [X]

Masa Berlaku SIM Habis Saat Tahun Baru? Tenang, Ada Dispensasi

Jumat, 31 Desember 2021 | 09:33 WIB Sumber: Kompas.com
Masa Berlaku SIM Habis Saat Tahun Baru? Tenang, Ada Dispensasi

ILUSTRASI. Terdapat kebijakan dispensasi perpanjangan SIM buat para pemohon yang habis masa berlaku saat Tahun Baru 2022. Warta kota/henry lopulalan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terdapat kebijakan dispensasi perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) buat para pemohon yang habis masa berlaku saat Tahun Baru 2022. Hal itu diumumkan oleh Korlantas Polri.

Menurut Kombes Tri Julianto Djatiutomo, Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri, kebijakan ini mengacu pada Surat Telegram Kapolri Nomor ST/12589/XII/YAN.1.1./2021. 

“Masa berlaku SIM adalah 5 tahun dan apabila masa berlakunya habis pada hari libur nasional, maka dapat melakukan perpanjangan SIM pada satu hari berikutnya di hari buka pelayanan SIM,” ucap Djati, kepada Kompas.com (25/12/2021). 

Djati juga menambahkan, karena satu hari setelah Tahun Baru merupakan hari Minggu, tanggal 2 Januari 2022. Artinya, pemilik SIM yang habis masa berlakunya bisa perpanjang pada hari berikutnya, yakni pada Senin, 3 Januari 2022. 

Sebab, menurut Djati, Satpas SIM di sejumlah wilayah bakal tutup pada tanggal merah maupun hari libur nasional. 

“Pada hari Sabtu tanggal 1 Januari 2022 adalah libur nasional Tahun Baru Masehi 2022 sehingga pelayanan SIM diliburkan,” ujar Djati. “Senin tandanya bisa perpanjang, karena Minggu kan libur,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Dispensasi SIM Buat yang Habis Masa Berlaku saat Tahun Baru"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Agung Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru