Masuki Usia ke-64, Unisba akan Fokus pada Internasionaliasi Kampus

Selasa, 15 November 2022 | 21:40 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Masuki Usia ke-64, Unisba akan Fokus pada Internasionaliasi Kampus

Rektor Unisba Edi Setiadi dan? Panglima Komandan Daerah Militer III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di acara Milad ke-64 Unisba


PERGURUAN TINGGI -  JAKARTA. Memasuki Usia ke-64 Universitas Islam Bandung (Unisba) secara formal telah diakui dan disejajarkan dengan perguruan tinggi yang mendapat predikat unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-AT).

Hal itu dikatakan Rektor Unisba Edi Setiadi, dalam rangkaian kegiatan Milad ke 64 Unisba pada Selasa (15/11/2022).

“Sebuah predikat yang menjadi impian dan target dari semua perguruan tinggi. Predikat Unggul mencerminkan bahwa suatu perguruan tinggi tersebut memiliki berbagai keunggulan di segala lini,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Menurutnya capaian ini merupakan sumber ilham dan inspirasi dalam mengembangkan Unisba dari seluruh civitas akademika yang meliputi tendik, dosen dan mahasiswa, serta yayasan. 

Baca Juga: Capai Visi Terkemuka di Asia 2033, Unisba Gelar Global Engagement Colloquium 2022

Harapan yang belum tercapai, kata Edi, akan menjadi tekadnya untuk dapat digapai dengan menyinambungkan program kerja sebelumnya dengan program strategis yang telah digariskan pada masa periode kedua ini dan tidak akan terputus.

“Tahun kedua masa jabatan, Insya Allah arah pengembangan Unisba ditujukan untuk pencapaian visi Unisba 2033. Jangka panjang akan fokus pada internasionalisasi kampus dan peningkatan implementasi ruhuddin,” ungkap Edi.

Tahun ini Unisba diberikan anugerah dengan bertambahnya dua orang guru besar yakni Prof. Dr. Hilyati Hindersah, MURP, dan Prof. Dr. Ike Junita Triwardhani, S.Sos., M.Si.

"Bertambahnya cacah guru besar bukanlah semata-mata cita-cita atau pilihan personal akan tetapi juga merupakan cita-cita institusional. Peningkatan jumlah guru besar mempunyai dimensi institusional yang akan membawa perubahan yang berkemajuan," ungkap Edi.

Kepada alumni Edi berpesan, di momentum Milad ke-64 ini  agar tetap menjaga dan membantu membesarkan Unisba. Ragam aktifitas dapat dikreasikan dengan berbagai pihak guna menunjang kemajuan Unisba. 

Baca Juga: Rela Putus Kuliah demi Menekuni Bisnis Tanaman Hias

Pada kesempatan ini, Panglima Komandan Daerah Militer III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP., didaulat untuk menyampaikan Orasi Ilmiah dengan judul ‘Peran Pemuda untuk Indonesia Sekarang dan Masa Datang’.

Ia memberikan pesan untuk mengembangkan sikap dan perilaku yang menujukkan kunci kesuksesan yakni dengan menjadi great player; memiliki mimpi besar;  selalu bersikap dan berlaku focus on target;  optimistis; action; flexibeI; great networking;  keep learning;  dan do by heart. 

“Itulah kunci sukses yang penting dicamkan jika kita hidup dalam dunia yang serba tidak pasti ini. Segalanya cair dan tak ada yang baku. Satu hal yang pasti yaitu Indonesia adalah tanah air, tumpah darah, tempat kita dibesarkan dan tempat kita mati. Berbuatlah yang terbaik untuk Indonesia sesuai dengan spesialis masing-masing,” ungkapnya. 

Dikatakannya, para mahasiswa dan mahasiswi pada masanya nanti akan menjadi orang-orang yang meneruskan republik ini. Untuk itu ia berpesan untuk menjaga dan merawat Pancasila sebagai dasar negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru