Belanja

Mau menang tawar menawar harga lawan penjual, berikut tipsnya

Selasa, 07 Juli 2020 | 13:24 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Mau menang tawar menawar harga lawan penjual, berikut tipsnya

ILUSTRASI. Tips menang tawar menawar harga dengan penjual. ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tawar menawar saat belanja bukan berarti Anda berdebat atau bertengkar dengan penjual. Tapi, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan penjual memberikan produk dengan harga yang wajar.

Tawar menawar seperti ini sering terjadi di pasar tradisional atau toko-toko kelontong. Melansir Boldsky, berikut adalah tips agar Anda bisa menang saat tawar menawar melawan penjual:

Pertama, Anda melakukan studi harga terlebih dahulu ke setiap toko. Jika perlu, catat perbandingan harga masing-masing toko.

Setelah itu, Anda pilih toko yang harganya paling murah. Kegiatan ini memang melelahkan di awal. Namun jika sudah menemukan toko yang paling tepat dan murah, Anda tidak perlu lagi mencari dan membeli di toko lainnya.

Baca Juga: Menggiurkan, intip cuan dibalik membludaknya permintaan sepeda lipat

Kedua, Anda jangan dulu berdebat masalah harga jika masih berstatus pembeli baru. Selalu bersikap ramah dan rekomendasikan toko tersebut ke teman-teman atau keluarga Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kepercayaan penjual sehingga tawar menawar harga pun akan semakin lancar untuk jangka panjang.

Ketiga, jadilah pelanggan tetap. Jika sudah menjadi pelanggan tetap, penjual tidak akan tanggung-tanggung menyetujui penawaran harga Anda saat proses tawar menawar.

Keempat, jalin hubungan baik dengan penjual. Memiliki hubungan yang baik dengan penjual tidak hanya memudahkan Anda dalam proses tawar menawar.

Baca Juga: Agar bayi pintar, ini kebiasaan baik orang tua yang perlu dilakukan

Lebih dari itu, penjual tentu mau membantu jika Anda kesulitan menemukan barang yang diinginkan.

Selamat mencoba!

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru