Mau rapat sembari WfH, ini cara efektif pakai zoom di laptop

Jumat, 24 Juli 2020 | 03:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mau rapat sembari WfH, ini cara efektif pakai zoom di laptop

ILUSTRASI. Membagi tugas dengan rekan kerja bisa menjadikan zoom meeting di laptop lebih efektif.


TEKNOLOGI - JAKARTA. Pandemi Virus Corona menyebabkan banyak kegiatan dilakukan secara online. Aplikasi yang dipakai ada banyak, salah satunya Zoom. Namun, sayangnya masih banyak orang yang kesulitan melakukan zoom meeting di laptop.

Ada banyak gangguan yang mungkin dihadapi oleh sebagian orang saat Zoom meeting di laptop. Ada yang terkendala koneksi internet tidak stabil, situasi di rumah tidak kondusif, dan lain sebagainya.

Stanford Magazine (stanfordmag.org) memberikan beberapa tips agar Zoom meeting di laptop bisa lebih efektif.

Batasi Waktu

Jika Anda menyelenggarakan Zoom meeting di laptop, batasi waktu rapat seminimal mungkin. Mengutip dari Stanford Magazine, jika rapat dilakukan lebih dari 5 menit dan tidak ada obrolan yang interaktif, peserta rapat akan mudah bosan sehingga konsentrasi lebih cepat hilang.

Diskusikan poin-poin penting tanpa melibatkan pembahasan yang bertele-tele.

Baca Juga: Zoom membuka pusat teknologi di Bengaluru India

Memberikan peraturan selama Zoom meeting di laptop juga bisa Anda coba. Misalnya, mengirimkan emoji lambaian tangan jika ingin bertanya, membisukan suara saat peserta meeting tidak ingin berkomentar, dan lain sebagainya.

Perhatikan Sikap

Zoom meeting di laptop bisa berjalan lebih efektif jika tiap peserta melakukan sikap yang sesuai. Sama seperti rapat langsung, memperhatikan orang yang berbicara sangat penting agar rapat bisa berjalan dengan lancar.

Usahakan untuk selalu menatap kamera. Stanford Magazine menyebutkan bahwa sikap kecil itu bisa membuat rapat menjadi lebih nyaman.

Sabar adalah Kunci di halaman selanjutnya >>>

Editor: Belladina Biananda

Terbaru