Melatih kecerdasan emosional anak juga penting, ini cara ampuh melatihnya

Minggu, 07 Maret 2021 | 07:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Melatih kecerdasan emosional anak juga penting, ini cara ampuh melatihnya

KONTAN.CO.ID -   Kecerdasan intelektual (IQ) memang penting bagi buah hati. Namun kecerdasan emosional (EQ) juga penting dalam menentukan kesuksesan anak. 

Melansir dari Today’s Parent, kecerdasan emosional sangat dibutuhkan terutama saat bekerja. Kebanyakan perusahaan mencari kandidat yang mampu mengolah emosi dengan baik. 

Kecerdasan emosional bersinergi dengan kecerdasan intelektual. Jika kecerdasan emosional anak berkembang baik, maka IQ juga akan menonjol. 

Maka dari itu EQ mengambil peran yang sama pentingnya dalam kesuksesan anak. Meningkatkan kecerdasan emosional pada buah hati penting dilakukan sejak dini. 

Cara melatih kecerdasan emosional pada anak cukup mudah. Berikut kiat-kiatnya yang dirangkum Very Well Family dan Firstcry Parenting

  • Memberikan pengetahuan tentang emosi 

Cara melatih kecerdasan emosional pada anak yang pertama melalui pembelajaran emosi. Berikan penjelasan tentang macam-macam emosi yang dimiliki manusia.

Semisal saat anak marah, Anda bisa menjelaskan bagaimana marah itu. Jelaskan juga bagaimana reaksi tubuh saat marah seperti jantung berdebar dan ingin berteriak. 

Selain menjelaskan tentang jenis emosi, tambahkan juga cara mengendalikan emosi yang negatif. Saat marah misalnya, tidak boleh merusak barang atau berkata yang menyakitkan hati. 

Baca Juga: BUMN SMF kembali buka lowongan pekerjaan di 2021, simak posisi yang ditawarkan

  • Belajar memecahkan masalah

Cara melatih kecerdasan emosional anak selanjutnya dengan mencari tahu sebab dari emosi.

Setelah tahu sebab mengapa bisa emosi, jangan lupa cari tahu juga cara menyikapi emosi tersebut secara baik.

Saat buah hati menangis karena sedih, cobalah tanya kenapa ia menangis. Selanjutnya Anda bisa berdiskusi dengan anak bagaimana cara mengatasi sedih tersebut.

  • Melatih kepekaan anak

Faktor penting agar kecerdasan emosional anak berkembang adalah empati. Caranya dengan membiasakan buah hati peka terhadap lingkungan sekitar.

Misalnya buah hati kehilangan binatang kesayangannya. Kalimat, "jika kamu sedih, menangis saja biar lebih lega", bisa menjadi contoh empati yang baik.

Buah hati bisa belajar bagaimana bereaksi jika temannya sedang sedih. Memiliki empati yang tinggi sangat membantu anak kelak saat dia telah dewasa. 

Kepekaan yang baik membuat seseorang mudah berbaur dengan banyak orang. 

  • Memberikan contoh

Sebuah pembelajaran lebih mudah dipahami jika ada contoh yang nyata. Begitu juga dengan cara melatih kecerdasan emosional anak.

Anda perlu berperan aktif menunjukkan kecerdasan emosional. Contohkan bagaimana Anda mengelola emosi dengan baik. Semisal saat Anda kecewa, tunjukkan sikap yang positif dalam mengendalikannya.

Anda bisa mencontohkan bagaimana menghilangkan rasa kecewa dengan melakukan hal yang positif. Dengan begitu buah hati bisa mencontoh cara mengendalikan emosi dengan baik.

Selanjutnya: Tidak perlu buru-buru, siapkan 10 hal ini sebelum memutuskan menikah

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru