Memandang keindahan Danau Toba dari Geosite Sipinsur

Kamis, 08 Agustus 2019 | 11:38 WIB   Reporter: Agustinus Respati, Ratih Waseso
Memandang keindahan Danau Toba dari Geosite Sipinsur


JEP Danau Toba - DOLOK SANGGUL. Memandang keindahan Danau Toba dari jauh memang punya sensasi tersendiri. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mencoba sensasinya, dengan menyambangi Geosite Sipinsur yang terletak di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pohon pinus yang teduh mendominasi sebagian besar salah satu objek wisata unggulan Humbang Hasundutan. Jelas, banyak spot-spot yang sangat cocok buat latar selfie, selain tentunya Danau Toba.

Baca Juga: Kembangkan pariwisata, empat bupati Danau Toba usul pendirian universitas negeri

Ada gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk duduk sembari memandang keindahan Danau Toba dan alam di sekeliling Geosite Sipinsur. Selain hamparan Pulau Samosir, wisatawan bisa juga melihat Pulau Sibandang yang tepat di depan mata.

Geser pandangan ke kanan, pemandangan ngarai dengan tanah kemerahaan membentengi Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Nah, jika beruntung, Anda bisa melihat kapal-kapal kecil melintas di Danau Toba. Kapal-kapal ini membawa penumpang dari dan ke Pelabuhan Muara yang jadi salah satu gerbang masuk ke Samosir.

Baca Juga: Kacang Sihobuk, oleh-oleh khas Tapanuli Utara yang semua kemasannya seragam

Di kawasan Sipinsur juga terdapat wahana bermain anak, seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Jika lapar dan haus, ada stan-stan makanan dan minuman berbentuk rumah adat Batak.

Di hari biasa, pengunjung yang datang ke Geosite Sipinsur sekitar 300 orang. Sementara saat akhir pekan, pengunjungnya bisa menembus 800 orang. "Kalau masa libur anak sekolah, Natal, atau Lebaran, pengunjungnya bisa sampai 1.000 orang," ujar Mawari Purba, petugas Geosite Sipinsur, kepada kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019, Rabu (7/8).

Baca Juga: Asti Panjaitan, penjaga warisan leluhur dari Toba Samosir

Selain untuk jalan-jalan melihat pemandangan, Sipinsur juga sering pengunjung manfaatkan untuk acara reuni dan ibadah. "Mereka biasanya pakai tikar di open stage. Kami menyewakan tikar seharga Rp 10.000 per tikar," terang Mawari.

Saat ini, Geopark Sipinsur sedang merampungkan pembangunan gedung galeri. Rencananya, tempat itu untuk pameran foto dan karya seni.

Untuk masuk ke wilayah Geopark Sipinsur, pengunjung cukup mengeluarkan biaya parkir saja. Satu mobil hanya Rp 2000 sekali masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru