Membludak, karnaval Pulau Weh Sail Sabang meriah

Kamis, 30 November 2017 | 22:32 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Membludak, karnaval Pulau Weh Sail Sabang meriah


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA Kirab dan pawai budaya Weh Island Night (WIN) Carnival 2017 yang digelar dalam rangka memeriahkan Sail Sabang 2017 berlangsung sukses dan meriah. Ribuan masyarakat Sabang tumpah ruah di jalan menyaksikan peserta kirab yang tampil dengan berbagai kostum budaya yang  indah, unik dan menarik.

Ada lebih dari 1.200 peserta yang berjalan dari lapangan Yos Sudarso hingga ke area Sabang Fair. Banyak kostum yang unik-unik dari para peserta kirab seperti kostum wanita dengan hiasan kepala berbentuk masjid raya Baiturrahman, sepeda motor dengan hiasan berbentuk perahu layar dan lainnya.

"Kegiatan ini mendorong karya-karya seniman dan desainer Sabang dan Aceh umumnya agar muncul dan lebih dikenal. Mereka memiliki kemampuan yang luar biasa, acara ini bisa menjadi ajang untuk berkreasi dan menjadi pesona bagi para wisatawan asing yang hadir," ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (30/11).

Usai pawai budaya, masyarakat Sabang kembali disuguhkan karya-karya kreatif desainer Sabang dalam fashion competition yang menampilkan kostum-kostum unik nan indah. Tak hanya itu mereka juga disuguhkan atraksi barongsai yang sempat merebut perunggu pada PON 2016 di Jawa Barat.

"Semoga acara ini bisa berlanjut dan rutin setiap tahun, sehingga ke depan bisa menampilkan yang lebih baik dan menarik lagi," ujar Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Budaya Kemenpar Wawan Gunawan.

Dalam fashion competition, desainer Nabil Kartin merebut hadiah utama lewat kostum bertema pesona bawah laut Pulau Rubiah. Ia pun berhak memperoleh uang sejumlah Rp 8 juta.

Weh Island Night (WIN) Carnival yang berlangsung sore hingga malam pada Rabu (29/11) memang menjadi rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017. Di acara ini membludaknya masyarakat menandakan antusiasme yang tinggi. Tentu akan semakin meriah lagi pada acara puncak Sail Sabang 2017 yang bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada 2 Desember mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Johana K.

Terbaru