Memecah rekor sepatu Jordan, sepatu Nike Air Yeezy termahal di dunia Rp 26 miliar

Selasa, 27 April 2021 | 13:39 WIB Sumber: Reuters
Memecah rekor sepatu Jordan, sepatu Nike Air Yeezy termahal di dunia Rp 26 miliar

ILUSTRASI. American rapper Kanye West wearing a Dunhill look arrives at the 2020 Vanity Fair Oscar Party on February 9, 2020 in Beverly Hills, Los Angeles, California, United States. (Photo by Xavier Collin/Image Press Agency/Sipa USA


SEPATU - NEW YORK. Harga sepatu termahal pecah rekor lagi. Sneaker Yeezy Kanye West berhasil terjual dengan banderol US$ 1,8 juta atau setara Rp 26 miliar. 
 
Rumah lelang Sotheby mengumuman penjualan sepatu yang merupakan sampel Nike Air Yeezy  yang pernah dipakai oleh rapper West pada Grammy Award tahun 2008.  

Pembeli sepatu adalah sebuah platform investasi sepatu RARES, yang membayar harga tertinggi yang tercatat secara publik untuk pasangan tersebut. “Tujuan kami membeli sepatu ikonik - dan sepotong sejarah - adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberdayakan komunitas yang melahirkan budaya sepatu kets dengan alat untuk mendapatkan kebebasan finansial melalui RARES,” kata Gerome Sapp, salah satu pendiri dan CEO RARES, seperti dikutip Reuters. 

Harga ini memecahkan rekor lelang yang sebelumnya dipegang oleh Air Jordan 1 tahun 1985, yang dirancang dan dikenakan oleh pemain bola basket Michael Jordan seharga US$ 560.000 pada Mei 2020 lalu. 

Baca Juga: Edan, lelang sepatu Air Jordan tembus Rp 8,2 miliar

Sepatu berkulit hitam, ukuran 12 Prototipe Nike Air Yeezy 1 memiliki tali kaki depan Yeezy dan kunci renda medali Y khas merek tersebut dalam warna merah jambu.

West memakai sepatu ini untuk penampilan emosionalnya di "Hey Mama" dan "Stronger" di Grammy Awards 2008 yang memicu kehebohan media sosial di kalangan fashionista. West mengakhiri kolaborasinya dengan Nike pada 2013 dan membawa merek tersebut ke Adidas, di mana merek sepatu kets Yeezy menghasilkan penjualan sekitar $ 1,7 miliar pada tahun 2020, menurut Forbes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lamgiat Siringoringo

Terbaru