Menara Pandang Tele, salah satu spot terbaik menikmati eksotisme Danau Toba

Selasa, 13 Agustus 2019 | 09:24 WIB   Reporter: Agustinus Respati, Ratih Waseso
Menara Pandang Tele, salah satu spot terbaik menikmati eksotisme Danau Toba


JEP Danau Toba - PANGURURAN. Memandang keindahan Danau Toba, jelas tidak cukup dari satu titik saja. Selain dengan menyisir tepian danau, Anda juga bisa mencoba sensasi menikmati keelokannya dari ketinggian.

Menara Pandang Tele jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati eksotisme Danau Toba. Lokasi menara yang berdiri sejak 1988 silam ini berada di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Dari Pangururan, Ibu Kota Samosir, jaraknya sekitar 45 menit perjalanan darat. Jalan menuju ke Menara Pandang Tele yang merupakan bangunan bertingkat empat menanjak dan berkelok-kelok.

Harga tiket masuk ke Menara Pandang Tele sebesar Rp 7.000 per orang. Lantai dua bangunan memiliki balkon yang luas, cocok banget buat swafoto alias selfie berlatar Danau Toba dan perbukitan di sekitarnya.

Bukan cuma Danau Toba nan cantik yang tampak dari Menara Pandang Tele, Anda bisa melihat penampakan Bukit Holbung dan Air Terjun Efrata, misalnya.

"Pemandangan di sini bagus, kalau bisa bangunannya dibuat lebih tinggi," ujar Roni Handaka, pengunjung asal Jakarta, kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019, Sabtu (10/8).

Tak jauh dari Menara Pandang Tele terdapat bangunan modern dua lantai. Gedung berstandar internasional dan ramah lingkungan ini dibangun Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Di lantai dua bangunan tersebut terdapat area seluas 214 m2 berupa rumah kaca yang berfungsi sebagai restoran. Fasilitas tempat istirahat atawa rest area ini lengkap dengan instalasi pengolahan air dan air limbah sehingga ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru