Style

Menciptakan bangunan yang sehat dan efisien dengan teknologi pintar

Jumat, 21 Mei 2021 | 22:08 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Menciptakan bangunan yang sehat dan efisien dengan teknologi pintar

ILUSTRASI. ilustrasi Smart City


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Pemerintah mempercepat konsep bangunan sehat dalam lokal. Salah satu dukungan pemerintah melalui  Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2021 tentang Bangunan.

Pemerintah mendukung bangunan sehat karena  memberikan rangkaian manfaat ekonomis, lingkungan, dan sosial. “Pemerintah mengatur aspek kesehatan gedung melalui berbagai regulasi yang mencakup pedoman teknis. Kita juga memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk verifikasi aspek kesehatan yang lebih spesifik. Maka, bangunan harus memperoleh Sertifikat Laik Fungsi (SLF),” kata Mardi Utomo, Ketua Building Engineers Association, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (21/5).

Selandia Baru dapat menjadi contoh bagi negara lain dalam penerapan bangunan sehat. Investor, pengembang, pemilik, dan penyewa di Selandia Baru semakin mengharapkan bangunan yang memenuhi standar kesehatan dan beroperasi secara efisien. Mereka juga ingin mendapatkan kepastian bahwa setiap bangunan menyediakan ruang berkualitas tinggi untuk para karyawan dan penyewa. 

Hal itu terwujud dengan menjaga kualitas udara, akses pencahayaan alami, dan kelayakan bangunan. Pemerintah Selandia Baru berkomitmen untuk lebih lanjut mempercepat penerapan bangunan yang efisien, sehat, dan bersertifikat, melalui deklarasi tahun 2020 tentang darurat iklim dan peralihan ke emisi nol karbon. “Target ini dapat dicapai dengan penerapan teknologi pintar," jelas Diana Permana, Komisaris Perdagangan Selandia Baru untuk Indonesia

Editor: Ahmad Febrian
Terbaru