kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.938
  • EMAS705.000 1,15%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Mendadak viral, ini beberapa destinasi wisata di Cianjur


Minggu, 10 Februari 2019 / 19:08 WIB

Mendadak viral, ini beberapa destinasi wisata di Cianjur

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mendadak viral di Twitter. Berdasarkan pantauan KONTAN, sejak pagi (Jumat,8/2) tanda pagar (hastag) #HayuKaCianjur menjadi trending topic.

Rupanya, ramainya #HayuKaCianjur dimulai dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Cianjur. Selain melakukan kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo juga akan meresmikan alun-alun kota Cianjur.

Seolah menjadi kesempatan untuk promosi potensi daerah, warga net meramaikan #HayuKaCianjur dengan memposting berbagai destinasi wisata dan makanan khas daerah setempat.

Seperti akun Twitter @alvikubay yang memposting foto pemandangan langit Lembur Cianjur saat senja.

Penasaran dengan tempat wisata alam dan kuliner di Cianjur? Simak ulasan KONTAN tentang wisata Cianjur di bawah ini. 

 

1. Gunung Padang Megalithic Site 

Seperti namanya, Gunung Padang menyimpan bongkahan-bongkahan batu dari jaman Megalitikum yang sampai hari ini masih diteliti oleh pakar sejarah. 

Lokasi ini cocok untuk penggemar wisata sejarah karena dapat berswa foto di dekat area bongkahan batu kuno. Banyaknya pepohonan di sekitar area membuat udara di sana terasa sejuk.

Dihimpun dari Wikipedia, luas areanya sekitar 900 meter persegi dengan ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Dusun Panggulan, Kecamatan Campaka, Cianjur Barat.

 

2. Pantai Jayanti 

Masih perawan, menjadi ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kondisi pantai ini. Pantai yang berada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur belum tersentuh dengan tangan-tangan pelaku industri pariwisata setempat. 

Dikutip dari Tripadvisor, pantai ini memiliki pasir putih yang terbentang dari luas di seluruh area. Bila cuaca cerah, pantai ini menjadi ttik terbaik untuk menikmati keindahan pemandangan matahari tenggelam. 

 

3. Alun-Alun Cianjur

Baru diresmikan Jumat (8/2) oleh Presiden Joko Widodo, Alun-alun Cianjur bakal jadi destinasi wisata baru untuk warga dalam dan luar Cianjur. 

Dikutip dari Tribunnews.com taman ini memiliki rumput sintetis yang luas di bagian depan masjid, panggung olaraga tematik, saung, dan koridor pejalan kaki yang sangat panjang. Taman ini memiliki beberapa pintu di sisi utara, timur, selatan, dan barat.

 

4. Tauco Cap Meong 

Berlibur ke Cianjur kurang lengkap bila tidak mampir ke Toko Tauco Cap Meong yang berada di jalan Cijendil, Cugenang, Kabupaten Cianjur. 

Dikutip dari Travelingyuk.com toko ini menjual tauco yang dikemas dalam botol sehingga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tauco Cap Meong merupakan produk legendaris karena sudah ada sejak tahun 1880'an.

Saus yang terbuat dari kedelai yang difermetasi ini masih diproduksi dengan cara lama. Sehingga, rasanya tidak berubah sampai sekarang. 

 

5. Sate Maranggi Sari Asih

Ke Cianjur wajib mampir ke Sate Maranggi Sari Asih. Dikutip dari Kompas.com kedai sate ini merupakan tempat makan legendaris di Kabupaten Cianjur, sekitar 5,5 kilometer dari Puncak Pas, melewati Pasar Cipanas, tepat setelah pertigaan Jalan Raya Pacet, Cipendawa, Kabupaten Cianjur. 

Seporsi sate maranggi dihidangkan di atas piring balutan daun pisang bersama satu gelas teh hangat. Setiap tusuknya dihargai Rp 3.500 tanpa lemak dan Rp 2.500 dengan lemak. 

Cukup menarikkan? Tidak ada salahnya menghabiskan libur akhir pekan dengan berkeliling Kabupaten Cianjur bersama teman-teman atau keluarga.


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0603 || diagnostic_web = 0.2807

Close [X]
×