MEREK - JAKARTA. Di era globalisasi yang semakin pesat, produk dari berbagai negara kini bersaing di pasar yang sama. Untuk brand lokal, tantangan bersaing dengan brand global tentu tidak mudah, namun bukan hal yang mustahil.
Saat ini, banyak konsumen yang mulai mencari produk dengan karakter lokal, unik, dan autentik, membuka peluang bagi brand lokal untuk bersaing bahkan di tingkat internasional. Oleh karena merek-merek lokal harus terus berinovasi dan melakukan pemasaran untuk semakin dikenal secara global.
Untuk itu, Infobrand.id bekerja sama dengan Indonesia Brand Community (IBC) menggelar brand Indonesia Summit yang bertujuan memberikan wawasan mendalam dan pengalaman praktis dalam membangun brand nasional yang tangguh menghadapi berbagai tantangan global serta pasar yang kian dinamis.
Baca Juga: Peluang Maung Mengaum Menjadi Mobil Nasional
Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id mengatakan, Brand Indonesia Summit 2024 dirancang sebagai kegiatan rutin bagi perusahaan-perusahaan dan brand di Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, memperluas jaringan bisnis, serta memperkuat hubungan profesion
“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan brand asli Indonesia. Kami berharap Brand Indonesia Summit 2024 dapat menjadi katalis bagi Brand-nasional dalam meningkatkan daya saing, inovasi, dan daya tahan di tengah perkembangan industri yang semakin dinamis,” kata Susi salam keterangan resminya, Senin (4/10).
Dalam kesempatan yang sama, Agus W. Soehadi, Guru Besar Universitas Prasetya Mulya menyatakan, Indonesia merupakan pasar yang luar biasa bagi brand-brand luar. Oleh karena itu, brand lokal harus harus memposisikan diri sebagai teman konsumen agar bis unggul dan bersaing dengan perusahaan asing.
“Selain itu, sebagai orang lokal, kita tentunya memiliki pengetahuan lebih baik ketimbang brand-brand dari luar negeri. Karena itu, saat ini ada beberapa brand lokal yang mampu bersaing dengan brand luar,” jelasnya.
Baca Juga: Watsons (DAYA) Gencar Ekspansi Gerai
Arto Soebiantoro, Brand Activist & Founder Gambaran Brand menjelaskan, dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif brand harus memiliki dua elemen penting, yaitu positioning dan differensiasi untuk dapat bersaing.
Ia bilang, dengan positioning yang kuat akan menjadikan sebuah brand mampu bertahan di pasar yang begitu kuat. MIsalnya, brand mudah ditemukan dan mudah diingat. “Sementara untuk diferensiasi, sebuah brand harus mempunyai keunikan, sehingga sulit ditiru,” ujarnya.
Adapun, Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community (IBC) mengatakan, perlua ada brand partnership agar bisa mendorong pertumbuhan sebkha merek dan bisa bersaing di pasar.
Brand partnership merupakan kolaborasi antara dua atau lebih brand yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis bersama, seperti meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pasar, atau menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.
“Strategi pengembangan bisnis melalui berbagai bentuk brand partnership seperti co-branding, sponsorship, content partnership, licensing, franchising, distribution partnership, integration partnershsip.” pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News