Sport

Menganggur 4 tahun karena protes isu sosial, Kaepernick mulai dilirik kembali ke NFL

Sabtu, 27 Juni 2020 | 18:37 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Menganggur 4 tahun karena protes isu sosial, Kaepernick mulai dilirik kembali ke NFL

ILUSTRASI. NFL. Mandatory Credit: James Lang-USA TODAY Sports

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah tim dalam kompetisi liga football nasional Amerika Serikat menunjukkan ketertarikan kepada Collin Kaepernick. Kaepernick tak memiliki tim usai melakukan protes pada tahun 2016 lalu. Ketika ia bermain di tim San Francisco 49ers sebagai quarterback, Kaepernick melakukan aksi berlutut saat lagu nasional dikumandangkan.

Ia menolak berdiri karena alasan ketimpangan dalam keadilan sosial terhadap minoritas di AS. Usai merebaknya kasus rasial yang dialami George Floyd, aksi berlutut yang dulu dilakukan Kaepernick ikut dilakukan oleh sejumlah orang yang protes menuntut keadilan tersebut.

Baca Juga: Pemain NFL positif Covid-19 pesan agar lakukan social distancing

Tidak hanya terbuka pada kebenaran aksinya, sejumlah tim juga kembali melirik kemampuan Kaepernick. Bahkan diyakini Kapernicm akan kembali bermain pada musim 2020-2021. "Tim yang berkeliaran di sini semakin dekat, saya percaya, lebih dekat dari beberapa tahun terakhir," ujar reporter NFL Mike Garafolo dikutip dari situs resmi nfl.com, Sabtu (27/6).

Dorongan untuk mengembalikan Kaepernick dalam NFL juga diungkapkan komisioner NFL Roger Goodell. Goodell bilang Kaepernick harus memiliki tim untuk kembali ke NFL. "Tapi saya menyambut itu, mendukung klub membuat keputusan itu dan mendorong mereka untuk melakukan itu," terang Goodell.

Baca Juga: Brian Allen menjadi pemain NFL pertama yang positif virus corona

Kaepernick bergabung dengan San Fransisco 49ers sejak tahun 2011 hingga 2016. Pada musim terakhir bersama 49ers, pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut mencatatkan 16 touchdown dalam 12 kali pertandingan.

Editor: Handoyo .


Terbaru