Mengenal aneka racikan kopi ala kafe

Senin, 24 Januari 2011 | 07:36 WIB   Reporter: Noverius Laoli, Havid Vebri
Mengenal aneka racikan kopi ala kafe

ILUSTRASI. Reporter salah satu stasiun televisi melaporkan pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Kamis (12/12). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penurunannya untuk tiga hari beruntun, Kamis (12/12). Mengutip RTI, indeks terkoreksi 0,66% atau


Belakangan ini, makin banyak kedai atau kafe yang menyajikan menu utama kopi. Setiap kafe tentu menawarkan deretan pilihan racikan kopi yang tertera di dalam daftar menu. Saking banyaknya pilihan, bisa jadi Anda bingung ingin mencoba yang mana. Nah, tulisan singkat ini bisa membantu Anda mengenal jenis-jenis racikan kopi.

Racikan yang populer adalah espresso. Ini adalah racikan standar, biasanya beraroma kuat karena kental. Ada dua jenis espresso, yaitu biasa dan espresso ristretto. Jenis terakhir porsinya lebih sedikit dan kental. Lalu ada cappucino yang merupakan racikan espresso plus susu. Saat disajikan ditambah whipped cream dan bubuk kayu manis.

Racikan lain adalah café au lait. Dibuat dari campuran kopi hitam dan susu. Irish coffee formula adalah kopi dicampur wiski ditambah sedikit gula. Coffee mocha adalah racikan kopi dicampur cokelat, moka dan susu. Sementara coffee coretto adalah racikan kopi espresso dicampur sedikit brandy, cognac dan liqueur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru