Mengenal Benda Langit yang Mengelilingi Planet, Jenisnya Ada Dua yaitu Alami & Buatan

Kamis, 31 Maret 2022 | 10:49 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengenal Benda Langit yang Mengelilingi Planet, Jenisnya Ada Dua yaitu Alami & Buatan

ILUSTRASI. Mengenal Benda Langit yang Mengelilingi Planet, Jenisnya Ada Dua yaitu Alami & Buatan


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Mari mengenal benda langit yang mengelilingi planet. Jenisnya ada dua, yaitun alami dan buatan, kira-kira benda langit apa yang dimaksud?

Di ruang angkasa yang begitu luas ini, kita mengenal banyak benda langit. Tetapi, tahukah Anda benda langit yang mengelilingi sebuah planet?

Daftar Isi

Benda langit ini berputar mengelilingi planet atau objek lainnya yang ukurannya lebih besar. Sudahkah Anda menemukan jawabannya?

Berikut jawabannya, benda langit yangmengelilingi sebuah planet atau objek lainnya yang lebih besar disebut sebagai satelit. 

Berbicara tentang satelit, ada dua jenis yang kita kenal. Yang pertama adalah satelit alami, yang kedua adalah satelit buatan.

Bagaimana penjelasannya? 

Satelit Alami

ILUSTRASI: Bulan

Definisi satelit alami adalah benda langit atau objek angkasa yang mengorbit sebuah planet, planet katai, atau benda langit yang lebih besar dariipada dirinya. Seperti Bumi yang memiliki satelit alami Bulan.

Dalam tata surya, terdapat 137 satelit alami dengan berbagai ukuran yang mengorbit 6 planet. Sedikit tambahan informasi, planet Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alami.

Di sisi lain, planet katai atau planet kerdil seperti Pluto, Eris, dan Haumea juga memiliki satelit.

Baca Juga: Cincin Planet Saturnus Akan Menghilang Dalam 300 Juta Tahun Lagi, Kok Bisa?

Editor: Arif Budianto

Terbaru