Mengenal Fenomena Harvest Moon, Apa Bedanya dengan Bulan Purnama Pada Umumnya?

Jumat, 09 September 2022 | 15:26 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengenal Fenomena Harvest Moon, Apa Bedanya dengan Bulan Purnama Pada Umumnya?

ILUSTRASI. Mengenal Fenomena Harvest Moon, Apa Bedanya dengan Bulan Purnama Pada Umumnya?


KONTAN.CO.ID - Mengenal fenomena Harvest Moon, apa bedanya dengan Bulan Purnama pada umumnya? Harvest Moon atau Bulan Panen sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut fenomena Bulan Purnama sebagai penanda petani memanen tanaman mereka.

Mendengar kata Harvest Moon, mungkin tidak asing bagi telinga Anda yang doyan main game. Ya, meskipun memang benar Harvest Moon adalah salah satu judul game yang populer, tetapi kata tersebut juga merujuk pada sebuah fenomena astronomi.

Dikutip dari laman resmi Edukasi Sains Antariksa LAPAN (edusainsa.brin.go.id), Harvest Moon atau Bulan Panen merujuk pada dua fenomena Bulan.

Yakni Bulan Purnama Panen (Full Harvest Moon), yang merupakan purnama astronomis yang terjadi berdekatan dengan ekuinoks September baik sebelum atau setelah ekuinoks September.

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Sirius, Bintang yang Paling Terang di atas Langit Malam

Ilustrasi bisnis maskapai penerbangan

Sekedar informasi tambahan, ekuinoks adalah momen ketika Matahari tampak melintas ekuator langit, menuju ke arah tertentu. Dalam hal ini adalah ekuinoks September karena terjadi di bulan September, momoen ini menunjukkan bahwa Matahari tampak melintasi ekuator langit, menuju ke arah selatan.

Fenomena Full Harvest Moon atau Bulan Purnama Panen ini pada tahun 2022 ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 10 September pukul 16:59 WIB/ 17:59 WITA/ 18:59 WIT.

Sementara yang satu lagi adalah fenomena yang disebut Bulan Baru Panen (New Harvest Moon). Ini adalah Bulan baru astronomis yang terjadi sebelum Bulan Purnama Paskah.

Berdekatan dengan ekuinoks September baik sebelum ataupun setelah Ekuinoks September.

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Hari Tanpa Bayangan Matahari, Begini Cara Melihat Fenomena Tersebut

Di tahun 2022 ini, fenomena Bulan Baru Panen (New Harvest Moon) akan terjadi pada tanggal 26 September pukul 04:54 WIB/ 05.54 WITA/ 06.54 WIT.

Menurut NASA, istilah Harvest Moon atau Bulan Panen ini mengacu pada Bulan Purnama yang cerah yang terjadi paling dekat dengan awal musim gugur.

Nama tersebut bahkan muncul sebelum listrik mulai digunakan secara umum, ketika para petani bergantung pada cahaya bulan untuk memanen tanaman mereka hingga larut malam.

Cahaya Bulan sangat penting selama musim gugur, karena pada musim tersebut adalah panen terbesar.

Pada dasarnya, fase Bulan, termasuk Bulan Purnama yang terjadi sepanjang tahun kerap kali memiliki sebutan atau istilah yang berbeda. Pada bulan September ini, Bulan Panen atau Harvest Moon ini bertepatan dengan momen ketika petani sedang panen yang lagi besar-besarnya.

Sehingga cahaya Bulan yang tampak pada malam hari membantu menerangi para petani ketika memanen hingga larut malam. Bulan Purnama yang terjadi pada bulan tertentu juga memiliki sebutan atau istilah lain.

Seperti Blood Moon atau Bulan merah darah yang merujuk pada warna Bulan yang kemerahan seperti darah saat terjadi Gerhana Bulan Total, hingga Blue Moon atau Bulan Biru yang digunakan sebagai istilah Bulan Purnama kedua dalam satu bulan kalender.

Ada pula istilah Supermoon, sebuah fenomena yang membuat Bulan tampak terlihat lebih besar karena posisinya berada sedikit lebih dekat ke Bumi.

Itulah beberapa informasi menarik seputar Harvest Moon, fenomena astronomi yang juga populer sebagai salah satu judul game. Terlepas dari semua itu, apakah Anda tertarik untuk melihat fenomena Harvest Moon yang akan terjadi di bulan September 2022 ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru